6 Jenis Bisikan Syetan Pada Manusia - Ruqyah di Cirebon

6 Des 2020

6 Jenis Bisikan Syetan Pada Manusia

    6 Jenis Bisikan Syetan Pada Manusia

    6 Macam Bisikan Syetan Pada Manusia. Pada saat Anda mendengar istilah dari jin ataupun setan, pasti dalam benak Anda dan sebagian orang akan muncul sebuah rasa takut untuk menghadapinya. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, hal ini dikarenakan memang akan ada banyak faktor yang bisa menimbulkan rasa tersebut.

    Di antaranya yaitu adanya sebuah peran dari berbagai media yang biasa memberikan banyak stigma kalau hampir setiap hari dari jin ataupun setan itu merupakan makhluk yang sangat menyeramkan. Makhluk yang akan selalu menganggu dan sesosok makhluk yang dengan sangat mudah untuk terusik dengan adanya keberadaan manusia.

    Padahal Anda sebagai seorang manusia serta juga mereka itu sama-sama merupakan makhluk ciptaan Allah yang telah dibebani dengan hukum untuk selalu beribadah pada Allah.  Ternyata bisa Anda ketahui kalau setan yang itu banyak sekali diceritakan oleh Allah kepada Anda semua dalam kitab suci Al-Qur’an yang mana setan itu merupakan termasuk dari golongan jin.

    BACA JUGA : SULITNYA MENCARI REZEKI DI KARENAKAN GANGGUAN JIN

    Dari penjelasan yang ada tersebut, maka bisa Anda pahami kalau jin itu merupakan suatu nama untuk setiap makhluk yang telah Allah ciptakan yang berasal dari api. Jadi untuk setan ataupun iblis itu merupakan sebuah julukan untuk bangsa jin.  Jin menurut para ahli bahasa itu terdiri dari beberapa buah tingkatan :

    1. Kalau memang jin tersebut telah dimaksudkan dalam bangsa jin secara mutlak, maka jin tersebut akan disebut dengan jinniyyȗn,
    2. Jika jin yang dimaksudkan merupakan jin yang biasa tinggal bersama dengan manusia, maka jin tersebut disebut ‘âmir dengan bentuk jamaknya yaitu ‘ummâr.
    3. Jika jin yang dimaksudkan yaitu jin yang biasa untuk mendatangi anak-anak, maka jin tersebut  disebut arwâh.
    4. Jika jin yang dimaksudkan yaitu jin yang sangat jahat serta juga merintangi kebaikan, maka jin tersebut disebut setan.
    5. Jika jin yang dimaksudkan yaitu jin yang lebih sangat jahat serta juga lebih memiliki kemampuan, maka jin tersebut disebut ‘ifrît.

    Istilah dari setan ini biasa digunakan sebagai sebuah julukan untuk bangsa jin yang telah putus asa dari adanya rahmat Allah. Sedangkan untuk iblis biasa digunakan sebagai sebuah julukan untuk bangsa jin yang penuh dengan adanya tipu muslihat. Adanya penjelasan yang ada diatas maka memang sangat patut di waspadai tentang adanya bisikan syetan yang bisa menyesatkan.

    Permusuhan serta juga peperangan antara bangsa manusia dan juga setan itu diketahui akan berlangsung secara terus menerus sampai pada hari kiamat nanti. Akar dari adanya permusuhan ini memang tidak lain yaitu dikarenakan adanya keangkuhan serta juga kesombongan setan ataupun iblis. Yang mana keangkuhan tersebut bermula ketika iblis ini tidak mau bersujud kepada Nabi Adam a.s sebagai sebuah bentuk penghormatan kepadanya.

    Salah satu dari jalan dari jin merasuki tubuh seorang manusia itu yaitu melalui adanya bisikan. Yaitu sebuah penguasaan setan atas diri seorang manusia dengan cara membuatnya seperti tidak sadar. Misalnya dengan sering mengkhayal, suka berandai-andai ataupun juga memikirkan segala sesuatu yang memang tidak akan mendatangkan manfaat sama sekali.

    Ibnul Qayyim rahimahullah diketahui dalam sebuah kitabnya Fawaa’idul Fawaa’id telah menjelaskan: Kalau buah pikiran, bisikan hati dan kehendak, serta juga cita-cita itu merupakan berbagai hal yang memang harus diprioritaskan untuk bisa Anda perbaiki.

    Sebab semua itu merupakan sebuah inti serta juga hakikat yang ada dalam diri Anda. Inti dari ini semua yaitu sarana untuk bisa mendekatkan diri hamba kepada Allah sang pencipta ataupun juga justru menjauhkan Anda dari Allah.

    Lantas apa sajakah bisikan syetan yang selalu mengganggu manusia dan berusaha menjerumuskannya pada kesesatan. Ibnul Qayyim rahimahullah juga telah menjelaskan bahwa ada 6 macam bisikan syetan pada manusia:

    •          Suka Berandai-andai

    Bangsa setan itu akan membuat manusia itu sibuk untuk memikirkan yang memang sudah terjadi serta juga membuatnya banyak berandai-andai. Andaikan saja kejadiannya itu begini, maka itu pasti itu tidak akan sampai terjadi begini dan juga seterusnya.

    •          Pikiran Tentang Berbagai Hal Keji dan Haram

    Sebuah bisikan dari setan yang sangat dahsyat ini merupakan pada saat syetan itu mampu untuk memenuhi serta juga mengendalikan hati dan juga fikiran Anda sampai ke tahap untuk menstimulasi. Anda pasti akan diajak untuk bisa menuruti hawa nafsu pada saat Anda berhadapan dengan berbagai hal yang keji.

    •          Mengkhayal

    Misalnya dengan mengangankan andaikan kalau dirinya itu seorang Nabi atau berbagai hal yang mustahil. Hal ini pastinya akan membuat Anda tersita serta juga hanya membuang-buang banyak waktu. Seperti berangan-angan ingin menjadi seorang yang ahli penerjemah kemudian Anda memikirkan cara atau jalan menuju sebuah cita-citanya.

    •          Pikiran Tentang Berbagai Hal yang Dosa dan Bathil

    Bisikan syetan itu juga mampu mengajak Anda untuk bisa berbuat dosa. Karena hal ini memang tugas utama dari syetan. Oleh karena itu Anda memang harus mampu untuk mengendalikan godaan tersebut sebaik mungkin. Misalnya ketika Anda mulai memikirkan bagaimana caranya untuk minum khamr, dan juga yang lainnya

    •          Pikiran Tentang Berbagai Perkara yang Memang Tak Masuk Akal

    Jika memang Anda pernah mulai menginginkan untuk bisa menjadi seorang nabi ataupun Rasul, atau bahkan mau menjadi seorang malaikat, maka segeralah untuk beristigfar. Karena hal tersebut bentuk dari pengandaian dan hal itu merupakan bisikan jahat dari syetan.

    Contohnya Anda juga mulai melontarkan berbagai ide yang sangat tak berguna. Berbagai hal yang memang tidak pernah selesai untuk diperdebatkan seperti halnya akan adanya keberadaan makhluk lain yang ada di luar angkasa, dan yang lainnya.

    •          Pikiran yang Mulai Meragukan Akan Keberadaan Allah SWT

    Bangsa setan itu pasti akan mengendalikan pikiran Anda untuk meragukan serta juga tidak mengakui akan keberadaan dari Allah SWT. Meragukan akan berbagai sifat Allah SWT, sampai apakah benar kalau Allah SWT itu pasti ada ataukah tidak dan pikiran yang lainnya. Sehingga dengan berbagai pikiran tersebut mulai menyibukkan Anda dari berbagai hal yang benar-benar telah bermanfaat buat hati serta juga akal.


    Supaya Anda bisa terhindar dari berbagai bisikan syetan tersebut, maka ada berbagai hal yang sangat penting untuk Anda lakukan yaitu:

    •          Jangan Sampai Anda Ucapkan ataupun Dipraktikkan

    Sebagaimana yang telah diceritakan dalam sebuah hadis Abu Hurairah r.a. Kalau pernah datang beberapa orang untuk menghadap langsung Nabi saw.

    •          Mintalah Banyak Perlindungan Kepada Allah swt Dari Berbagai Godaan Syetan.

    •          Jangan Digubris

    Barangkali ini merupakan sebuah senjata yang paling ampuh untuk bisa melawan rasa was-was dari syetan. Memang tidak mempedulikannya serta juga tidak menggubrisnya itu merupakan suatu hal yang benar untuk dilakukan.

    Inilah beberapa jenis dari bisikan syetan pada manusia yang harus Anda waspadai serta juga atasi ketika Anda mulai tersadar akan adanya bisikan dari syetan tersebut. Semoga Anda bisa untuk menyikapinya dengan cara terus menambah serta juga meningkatkan rasa keimanan Anda kepada Allah SWT.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon