Amalan Dzikir Pagi dan Petang Sebagai Penangkal Sihir - Ruqyah di Cirebon

1 Des 2020

Amalan Dzikir Pagi dan Petang Sebagai Penangkal Sihir

    Amalan Dzikir Pagi dan Petang Sebagai Penangkal Sihir

    Amalan Dzikir pagi dan Petang Sebagai penangkal Sihir. Dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai ummat muslim, sholat wajib 5 waktu tentu selalu kita laksanakan. Setelahnya, biasanya kita akan melakukan dzikir atau membaca amalan-amalan tertentu yang disyariatkan oleh agama. Setelah itu kita bisa membaca ayat suci Al-Qur’an untuk menenangkan hati kita.

    Nah, amalan-amalan dzikir yang bisa kita amalkan ada bermacam-macam petunjuknya. Salah satunya yaitu amalan  dzikir yang diajarkan untuk diamalkan pada pagi setelah sholat subuh dan petang setelah sholat ashar hingga menjelang sholat maghrib. Amalan ini biasa disebut dengan amalan dzikir pagi dan petang.

    Waktu yang tepat untuk melaksanakan dzikir pagi dan petang

    Namanya saja dzikir pagi dan petang, maka waktu yang tepat untuk melakukannya adalah di pagi hari dan sore hari. Namun,  pagi dan sore hari tentu terdapat rentang waktunya kan? Nah, mengenai waktu yang tepat untuk melaksanakan amalan dzikir pagi dan petang ini yaitu di pagi hari setelah sholat subuh dan sore hari setelah sholat ashar sampai menjelang sholat maghrib.

    Adapun pelaksanaannya tidak harus Anda lakukan ditempat sholat, melainkan bisa dimana-mana asalkan Anda bisa membaca atau sudah menghafalkannya. Begitupun buku amalan dzikir yang dibaca pagi dan petang ini kini sudah banyak tersedia ditoko buku maupun di bazar buku. Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah meriah, mulai dari 2000 rupiah saja.

    Anda juga bisa mengamalkan dzikir ini sambil beraktifitas melakukan pekerjaan yang lain. Tetapi sebaiknya Anda melaksanakan dzikir ditempat sholat agar lebih khusyuk dan semakin merasa dekat dengan Allah. Jika kita merasa dekat dengan Tuhan, maka hidup kita akan tentram, karena kita selalu merasa dekat dengan-Nya.

    BACA JUGA: DOA DAN TINDAKAN RASULULLAH KETIKA HUJAN DERAS DI SERTAI ANGIN

    Manfaat mengamalkan dzikir pagi dan petang

    Nah, setelah mengetahui waktu yang tepat, sekarang kita akan membahas mengenai manfaat yang didapat. Manfaat dari mengamalkan atau membaca amalan dzikir pagi dan petang ini sangat banyak sekali jika harus dituliskan. Kami akan merangkum beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh agar Anda semakin yakin untuk mengamalkannya. Apa saja manfaat mengamalkan dzikir pagi dan petang? Yuk, kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

    •         Memperoleh perlindungan Allah

    Adapun manfaat mengamalkan dzikir pagi dan petang yang pertama yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Jika kita senantiasa memuji kebesaran Allah maka akan selalu terlindung dari keburukan. Selain itu, Dzikir juga bisa membuka pintu keselamatan kita, baik di dunia maupun akhirat.

    •         Merasa dekat dengan Allah

    Berdzikir ini sebenarnya adalah salah satu amalan yang juga paling disukai oleh Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadis yang bunyinya:

    “Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, perbuatan paling suci di sisi Raja-mu (yaitu Allah), dan perbuatan paling mengangkat derajatmu; yang mana perbuatan itu lebih baik bagimu dari infak emas atau perak. Para Sahabat yang hadirpun berkata: “Mau (ya Rasulullah)!” maka kemudian Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah SWT Yang Maha Tinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

    Dengan berdzikir, maka sama saja dengan kita mendekatkan diri kepada Alalh. Berdzikir juga bisa mengingatkan kita pada kehidupan setelah kematian, dan juga membuat kita mengingat akan kebesaran-Nya.

    •         Dicukupkan kebutuhan kita

    Manfaat melakukan amalan dzikir pagi dan petang selanjutnya yaitu akan dicukupkan kebutuhan kita. Percaya atau tidak, bahwasannya berdzikir ini juga bisa membuka pintu rezeki. Bahkan,  membuat segala urusan kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak akan terasa lancar dan mudah untuk dilalui. Ketika kita berdzikir, kita akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah kita miliki. Hal inilah yang membuat hati kita selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak maupun serakah.

    •         Dijanjikan masuk surga

    Karena amalan dzikir pagi dan petang ini termasuk amalan yang disukai Allah SWT, maka berdzikir tentu saja memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapa pun tanpa terkecuali yang berdzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah SWT.

    Rasulullah SAW juga pernah bersabda dalam Hadits riwayat Bukhari bahwasannya orang yang mengucapkan dzikir pada siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, kemudian sebelum sore pada hari itu ia mati, maka ia termasuk ke dalam penghuni surga. Dan orang yang berdzikir pada malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, kemudian sebelum shubuh ia mati, maka ia juga termasuk ke dalam penghuni surga.

    •         Amalan yang disukai Rasulullah

    Berdzikir juga merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Rasulullah. Rasulullah tidak pernah melewatkan sekalipun dzikirnya setiap hari. Inilah mengapa dzikir dijadikan sebagai salah satu sunah rasul yang dianjurkan oleh umat muslim dan sebaiknya dilaksanakan setiap harinya.

    •         Memberi ketenangan

    Berdzikir bisa membuat kita umat muslim akan merasa tenang hatinya. Saat berada di dekat Allah SWT, maka hati akan selalu merasa tenang dan damai. Hal ini sesuai dengan ayat Al Quran yang bunyinya:

    “…Ingatlah, bahwasannya hanya dengan mengingati Allah, maka hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

    Dzikir pagi dan petang yang dimaksudkan sebagai penangkal sihir

    Sebagai seorang muslim, tentu kita mengetahui dan memahami bahwa sihir dan sejenisnya itu dilarang oleh Islam. Para Ulama bahkan menganggap hal itu sebagai dosa besar. Sihir dalam hadis Nabi ini bahkan digolongkan ke dalam tujuh perkara yang merusak. 7 perkara yang dimaksud yaitu menyekutukan Allah, melakukan sihir, membunuh jiwa yang dilindungi Allah kecuali dengan cara yang haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari saat perang dan menuduh zina pada wanita yang dilindungi yang beriman dan yang lupa (yang tidak pernah membayangkan untuk melakukannya).

    Meskipun begitu, banyak dari kaum muslimin (juga non muslim) yang melanggar ketentuan-ketentuan tersebut. Jika sudah begini, apa yang harus kita lakukan? Ada beberapa ajaran atau tuntunan yang bisa kita amalkan agar terhindar dari gangguan jin, sihir, teluh dan sejenisnya. Di antaranya yang terpenting yaitu membiasakan membaca bacaan-bacaan (dzikir-dzikir) yang telah disyari’atkan.

    Salah satunya adalah membaca ayat Kursi setelah selesai menunaikan ibadah salat 5 waktu; membacanya (ayat Kursi) ketika hendak tidur; membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq dan al-Naas setiap selesai salat; membaca ketiga surat tadi setelah subuh (sebelum matahari terbit) dan di awal petang. Juga dianjurkan membaca 2 ayat terakhir dari surat al-Taubah setelah sholat subuh. Perlu juga membaca doa mohon perlindungan 3X di awal pagi dan awal petang.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai amalan dzikir pagi dan petang sebagai penangkal sihir. Sebagai ummat muslim hendaknya kita senantiasa berzikir dan selalu mengingat Allah sekalipun kita tidak mempunyai musuh atau tidak dalam keadaan bahaya. Berzikir juga merupakan salah satu wujud syukur dan berterima kasih kita kepada Allah agar hidup kita selalu tentram dan bahagia.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon