Doa dan Tindakan Rasulullah Yang Patut Dicontoh Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang - Ruqyah di Cirebon

1 Des 2020

Doa dan Tindakan Rasulullah Yang Patut Dicontoh Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang

    Doa dan Tindakan Rasulullah Yang Dapat Dicontoh Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang

    Doa Rasulullah Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang - Hujan merupakan salah satu rahmat yang diberikan Allah subhanallahu wa Ta'Ala kepada makhlukNya yang ada di muka bumi. Karena dengan adanya hujan maka semula tanah yang kering dapat menjadi subur dan ditumbuhi dengan beraneka ragam tumbuhan. Namun bila terjadi hujan yang deras bahkan disertai dengan petir dan angin yang kencang maka seorang muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa agar hujan yang turun menjadi rahmat dan bukan menjadi bencana.

    Iklim di Indonesia sendiri dibagi menjadi dua yakni tropis dan subtropis. Pada bulan Oktober sampai dengan bulan Maret tahun depan sebagian wilayah Indonesia akan mengalami hujan yang cukup deras tiap harinya, sehingga dapat menyebabkan banjir. Saat terjadi banjir tidak sedikit masyarakat yang mengungsi, karena rumah-rumah mereka rusak, makanan pun terbatas, bahkan penyakit pun mengintai setiap waktu.

    Tidak cukup dengan penanganan secara profesional, disamping hal tersebut juga diperlukan dukungan spiritual berupa doa dan tindakan Rasulullah yang Patut dicontoh agar banjir cepat surut atau paling tidak bisa meminimalisir dampak dari banjir.

    BACA JUGA : ASY-SYIFA KISAH RUQYAH PERTAMA DALAM ISLAM

    Doa dan Tindakan Rasulullah Yang  Patut Dicontoh Ketika Hujan Disertai Angin Kencang

    Bila ingin mengikuti perbuatan yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, maka ada beberapa riwayat yang dapat Anda ikuti setiap kali terjadi hujan dan angin yang besar sama seperti dengan apa-apa yang Rasulullah lakukan.

    Doa dan tindakan Rasulullah yang patut dicontoh oleh umat muslim semuanya terangkum dalam beberapa riwayat berikut ini yang di antaranya adalah!

    Dari Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi pada 450-520 H yang sudah merangkum semua riwayat-riwayat Rasullullah dalam sebuah kitabnya. Adapun isinya adalah;

    •      Rasulullah selalu membuka atau menyingkapkan bajunya saat hujan turun.Imam Abu Bakr al-Thurthusyi mencatat dalam kitabnya seperti berikut.

      Telah ada dalam riwayat oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya bersama Imam Abu Dawud, dari Anas, ia mengatakan bahwa Nabi saat melihat hujan, maka beliau akan membuka bajunya.

      Di riwayat lainnya dari Imam Abu Dawud dalam Anas pun berkata, bahwa nabi menyingkapkan pakaiannya hingga terkena guyuran hujan, maka mereka pun berkata pada Rasul mengapa beliau berbuat demikian, lalu Rasul menjawab bahwa hujan merupakan rahmat dari Allah subhanallahu wa ta'ala.

      Adapun makna kalimat dari 'liannahu hadits ‘ahd bi rabbihi,' pada hadits yang menerangkan mengenai riwayat tersebut disampaikan oleh Imam al-Nawawi adalah:

      Bahwa sesungguhnya hujan merupakan rahmat yang diciptakan oleh Allah ta'ala secara langsung, dan kemudian Rasulullah pun mengambil berkah atau hikmah dengan bertabarruk atas turunnya hujan tersebut. Hadis tersebut merupakan dalil untuk pendapat mazhab Syafi'iyah atau Mazhab Syafi'i yakni sesungguhnya disunnahkan an-nisa ATT turunnya hujan untuk membuka pakaian selain aurat hingga terkena air hujan.

    •      Di riwayatkan dari Sayyidah Aisyah ra. bahwa sesungguhnya Nabi SAW saat melihat awan hitam di langit, maka beliau akan langsung meninggalkan semua pekerjaan yang sedang beliau lakukan, begitu juga saat beliau sedang mendirikan ibadah shalat, yang kemudian akan berucap: “Allahumma inni a’udzu bika min syarriha, yang artinya adalah: Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini.” Dan saat turun hujan, maka beliau akan berucap: “Allahumma shoyyiban nafi’an, yang artinya adalah: Yaa Allah turunkanlah hujan yang tidak hanya membawa manfaat namun juga kesenangan atau keberkahan atasMu.”

      Apabila seorang mukmin saat melihat atau menjumpai angin besar dan tidak ingin angin tersebut menjadi bencana bahkan sampai dengan malapetaka. Maka berikut ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam al-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah dan Imam Ahmad, yaitu:

      Dari riwayat Sayyidina Abu Hurairah ra., beliau berkata bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda, yakni angin adalah bagian dari pemberian Allah, yang mana tidak hanya dapat membawa rahmat, namun juga bisa membawa azab bagi makhluknya. Bila kalian melihat angin yang besar, maka tidak baik untuk mencelanya, berdoa dan mohonlah kepada Allah akan kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.  

    •      Doa Rasulullah saat melihat awan hitam yang kelam atau langit sedang mendung tebal. Maka beliau akan bergegas meninggalkan semua pekerjaan yang sedang ia lakukan. Kemudian beliau akan langsung membaca doa yang sudah diartikan terjemahannya oleh hadits riwayat dari Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi, yakni:

    •      Doa dan tindakan Rasulullah yang patut dicontoh saat melihat awan mendung adalah beliau memohon pada Allah Ta'ala agar awan yang membawa hujan tidak menjadi penyebab azab atau bencana, melainkan rahmat yang penuh keberkahan. Seperti yang dituliskan oleh hadits riwayat dari Imam Ibnu Majah dan Imam al-Nasai: 

      Diriwayatkan dari Ibnu al-Musayyab bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW saat melihat awan, maka beliau pun bersabda, yakni Allahumma saiba rahmatin wa la saiba ‘adzabin, yang artinya adalah: Yaa Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.        

    Apabila umat muslim mengikuti bahkan mengamalkan segala perbuatan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah, maka Allah pun sudah menjamin atas umatnya, seperti:

    • Umat yang ikhlas dan rutin mengikuti segala perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah, maka ia akan mendapatkan pahala.
    • Kemudian mereka akan dicintai Allah karena sudah menjadikan Al-Qur'an sebagai jalan hidup.
    • Kehidupan di dunia akan lebih terjamin, begitu pula dengan keadilan yang turut mengikuti di belakangnya.

    Manfaat Hujan Bagi Kehidupan di Bumi

    • Sumber Energi Pembangkit Listrik

      Air hujan yang ada pada penampungan danau buatan, dapat dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi sumber energi listrik tenaga air dengan bantuan dari teknologi canggih.

    • Membantu Pertanian dan Perkebunan

      Semua tanaman yang ada di muka bumi dapat tumbuh dengan baik karena adanya air hujan. Karena pada dasarnya tanaman sangat memerlukan air hujan agar dapat melakukan proses fotosintesis. 

    • Air Minum

      Air hujan tentu saja tidak dapat langsung diminum. Melainkan harus melalui proses yang harus dilewati. Salah satunya adalah melewati tahap pemurnian agar dapat diminum oleh manusia.

    • Memenuhi Kebutuhan Hidup Manusia

      Air hujan yang sudah meresap dalam tanah akan menjadi air tanah. Dan air tanah tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh manusia untuk melakukan beberapa kegiatan sehari-hari seperti keperluan mencuci, memasak, dan lainnya

    Demikianlah ulasan mengenai doa dan tindakan Rasulullah yang patut dicontoh oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Karena bagaimanapun juga hidup manusia pada hakekatnya adalah untuk mendapatkan keberkahan dari Allah, sehingga hanya kepada Allah SWT adalah tempat yang paling tepat untuk memanjatkan doa. Segala perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah pun baik semua, maka sangat dianjurkan kepada umatnya untuk mengikuti semua tindakan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Karena ada banyak manfaat yang tidak pernah disadari oleh umatnya.

    Semoga Anda dan keluarga serta orang-orang terdekat terhindar dari segala bencana, dan semoga kita semua juga disadarkan untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan serta ampunan hanya kepada Allah SWT untuk setiap keberkahan yang didapatkan.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon