Doa Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam - Ruqyah di Cirebon

29 Des 2020

Doa Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam

    Doa Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam

    Doa Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam. Merasa sangat sedih merupakan suatu hal yang cukup normal, tetapi untuk ini Anda memang perlu tahu cara untuk mengatasi kesedihan tersebut secara sehat. Menangis serta juga mencatat emosi ataupun pengalaman sedih yang Anda alami merupakan beberapa cara yang memang bisa Anda coba untuk bisa menanggulangi kesedihan yang sedang Anda rasakan.

    Meskipun dengan bersedih merupakan sesuatu yang memang perlu Anda lakukan pada saat-saat tertentu. Namun Anda juga tidak akan boleh untuk terus-menerus terlarut dalam suatu kesedihan. Ketahui berbagai cara untuk mengatasi kesedihan itu secara tepat supaya Anda bisa bangkit kembali dengan penuh lebih bersemangat.

    Seringkali Anda merasa sedih, galau dan juga cemas yang selalu bisa datang kapanpun. Perasaan sedih serta juga gelisah ini bisa membuat diri Anda terpuruk dan juga terkadang melakukan berbagai hal yang bisa untuk merugikan diri Anda sendiri.

    Setiap orang itu memang mempunyai cara untuk mengatasi kesedihan yang kadang berbeda-beda. Namun, tentunya untuk hal ini Anda memang harus bisa mempertimbangkan sebuah cara yang bisa Anda lakukan selama ini efektif dan juga sehat.

    BACA JUGA : DOA RASULULLAH UNTUK PENDERITA PENYAKIT BERAT

    Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi berbagai kesedihan secara sehat yang memang bisa Anda coba.

    • Sadari Emosi Rasa Sedih yang Sedang Dialami

    Untuk pada saat tertentu, biasanya kesedihan tersebut tidak bisa  Anda ungkapkan dengan secara benar ataupun secara Anda tidak sadar kalau Anda sedang bersedih. Langkah awal untuk bisa mengatasi kesedihan yaitu dengan cara menyadari emosi sedih yang memang sedang Anda rasakan. Selain itu Anda juga bisa mulai mencari berbagai doa tatkala mengalami kesedihan yang mendalam tersebut.

    • Menangis

    Dalam hal ini Anda mungkin merupakan salah satu orang yang akan merasa kalau menangis merupakan cara terbaik. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesedihan yang bisa membuat Anda terlihat sangat lemah. Faktanya dengan menangis mampu untuk membantu Anda bisa mengeluarkan sebuah hormon stres dari seluruh tubuh. Hal ini juga bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan kesedihan Anda dengan benar.

    • Bercerita Tentang Kesedihan Dengan Orang yang Sangat Dipercaya

    Dengan cara memberitahukan berbagai pengalaman yang menyedihkan ataupun emosi sedih yang sedang Anda alami kepada orang yang terdekat yang bisa Anda percaya. Hal ini pastinya tidak hanya akan membantu Anda untuk bisa langsung mengekspresikan akan rasa sedih. Namun juga bisa menyadarkan Anda kalau masih ada orang yang pastinya akan mendukung serta juga membantu Anda memberikan solusi.

    • Berikan Sebuah Dukungan Untuk Diri Anda Sendiri

    Jadi tidak hanya berasal dari teman, maka Anda juga bisa utuk memberikan sebuah dukungan langsung kepada diri Anda sendiri. Sesaat hal tersebut mungkin terdengar aneh, akan tetapi memang tidak ada salahnya untuk Anda mencoba cara untuk mengatasi kesedihan ini.

    Carilah sebuah tempat yang Anda rasa tenang serta juga sepi, seperti halnya di kamar tidur, dan lain sebagainya. Kemudian letakkan tangan kanan Anda langsung di dada serta juga tangan kiri Anda di perut. Lakukan hal ini sambil Anda mengatakan dengan secara pelan kalau Anda akan selalu ada serta juga peduli dengan berbagai kesedihan yang sedang dialami langsung oleh diri Anda.

    •  Tuliskan di Kertas

    Jika Anda bisa untuk menuliskan berbagai pengalaman serta juga rasa sedih yang sedang Anda alami melalui selembar kertas ataupun pada dalam sebuah jurnal. Pada saat Anda menulis, maka Anda bisa sekalian juga dengan mendengarkan sebuah lagu instrumental ataupun dengan lagu tenang yang lainnya. Hal ini dianggap bisa untuk membantu Anda dalam merasakan serta juga mengungkapkan rasa kesedihan Anda.

    • Buat Puisi ataupun Gambar

    Selain memanjatkan doa tatkala mengalami kesedihan yang mendalam maka cara lainnya untuk mengatasi kesedihan yang bisa untuk Anda coba yaitu dengan cara Anda menuangkan rasa kesedihan tersebut dalam bentuk suatu karya. Anda bisa membuat tulisan puisi, gambar, ataupun juga sebuah lukisan yang dianggap mampu untuk mengekspresikan sebuah rasa sedih Anda.

    • Berendam di Air yang Hangat

    Untuk bisa mengatasi rasa kesedihan ini bisa juga dengan Anda berendam di air yang hangat ataupun hanya sekedar dengan merasakan kehangatan air tersebut dari pancuran. Kehangatan tersebut dianggap bisa menenangkan serta juga menyegarkan diri Anda dari berbagai kesedihan yang sedang melanda.

    • Berjalan-jalan

    Dalam hal ini janganlah Anda hanya terjebak lama di dalam sebuah ruangan, maka cobalah untuk keluar dari rumah Anda serta juga berjalan-berjalan langsung di daerah sekitar Anda. Aktivitas fisik serta juga suasana luar bisa meningkatkan akan hormon endorfin yang bisa meningkatkan akan suasana hati serta juga membuat Anda pastinya akan merasa nyaman.

    • Cari Berbagai Hal yang Bisa Membuat Anda Merasa Senang

    Cara untuk mengatasi rasa kesedihan yang dianggap juga paling efektif tentunya yaitu dengan Anda melakukan berbagai hal yang sangat menyenangkan buat Anda. Anda juga bisa saja akan merasa sangat lebih baikan dengan cara menonton film, berolahraga, dan juga membaca buku, dan juga melakukan meditasi.Kuncinya yaitu melakukan berbagai hal yang memang bisa meningkatkan rasa semangat serta juga suasana hati Anda.

    Biasanya untuk orang beriman yang mempunyai rasa tawakal, maka kesedihan itu tidak boleh sampai berkelanjutan. Karena orang yang beriman itu yakin kalau segala apa yang telah dimiliki oleh manusia itu pada hakekatnya hanyalah sebuah titipan sementara dari sang Maha Pencipta. Jadinya segala sesuatu itu suatu saat pastilah akan dicabut-Nya kembali.

    Semestinya jika Anda sedang mengalami sebuah kesedihan yang mendalam memang sebaiknya Anda mendekatkan diri Anda langsung pada Allah SWT. Membaca doa juga termasuk sebuah ibadah untuk bisa membuat diri Anda jadi lebih tenang serta juga damai.

    Selain dengan membaca doa, Anda harus melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim tentunya untuk mengurangi rasa sedih. Berwudhu, salat serta juga membaca Alquran bisa membuat hati Anda jadi lebih tenang serta juga berharap masalah yang sedang dihadapi bisa untuk segera terselesaikan.

    Ketika Anda sedang mengalami kesedihan yang memang sangat mendalam serta juga berkepanjangan, maka Nabi SAW telah menganjurkan untuk Anda membaca doa tatkala mengalami kesedihan yang mendalam:

    Jika Ada merasa susah serta juga sedih, maka Nabi juga menganjurkan untuk membaca doa:

    Adab supaya Anda terhindar dari berbagai kesedihan yaitu:

    • Meluruskan kembali semua keyakinan kalau Allah-lah Maha pengatur segala macam ciptaan-Nya.
    • Anda yakini juga kalau Allah pasti akan memberikan jalan yang terbaik bagi semua hamba-Nya.
    • Anda yakini juga kalau segala ujian itu pastinya untuk meningkatkan rasa keimanan, menghapus segala dosa dan meninggikan derajat, serta juga mendekatkan para hamba-Nya.
    • Anda yakini kalau setiap orang itu sudah diqadar akan rezkinya, maka ada yang akan diluaskan dan ada pula yang akan disempitkan.
    • Keluasan serta juga kesempitan rezki yang ada di dunia ini bukan ukuran dari kemuliaan seseorang itu di hadapan Allah.

    Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika Anda sedang dilanda kesedihan yang mendalam. Ketika kesedihan itu terjadi maka Anda sangat dianjurkan membaca doa tatkala mengalami kesedihan yang mendalam. Hal ini dilakukan agar Anda merasa tenang dan damai dalam hati.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon