Hukum Membuang Air Panas Sembarangan yang Harus Diketahui - Ruqyah di Cirebon

1 Des 2020

Hukum Membuang Air Panas Sembarangan yang Harus Diketahui

    Hukum Membuang Air Panas Sembarangan yang Harus Diketahui

    Hukum Membuang Air Panas Sembarangan yang Harus Diketahui. Dalam Islam tuntunan hidup telah diatur dengan sempurna. Islam tidak hanya mengajarkan bagaimana cara sikap dan perbuatan pada pencipta, tapi juga hubungan dengan makhluk lainnya.

    Dalam hidup di dunia ini manusia tidak menjadi satu-satunya makhluk yang ada dibumi ini. Tetapi ada makhluk lainnya yang juga mendiami bumi ini. Dari makhluk yang kasat mata seperti hewan dan tumbuhan, hingga makhluk yang tak kasat mata seperti jin.

    Keberadaannya diakui dan dijelaskan dan Al-qur'an dan Hadist. Oleh sebab itu sebagai makhluk beradap manusia harus dapat menghargai makhluk lainnya. Tidak boleh berbuat seenaknya hingga bisa mencelakakan makhluk lain.

    Cuaca yang dingin atau dalam keadaan kurang sehat, memang terasa nyaman untuk mandi dengan air panas. kadang juga air panas dibutuhkan untuk memasak makanan dan minuman. Sisa air panas tidak boleh dibuang sembarangan.

    Hal ini bisa menyebabkan makhluk lain yang tidak terlihat mengalami kemarahan. Meskipun tidak disengaja perbuatan itu tidak bisa dibenarkan. Oleh sebab itu anda harus mengetahui Hukum Tentang Membuang Air Panas Sembarangan.

    BACA JUGA : HUKUM MENGAMBIL UPAH HASIL RUQYAH

    Berikut beberapa alsan tidak boleh membuang air panas pada sembarangan tempat

    1.       Tempat tinggal jin

    Jin sebagai makhluk lain yang hidup dibumi memiliki tempat-tempat favorit untuk hidup di muka bumi. Tempat-tempat itu ada di lubang kloset dan lubang tanah. Disini bangsa jin hidup bersama keluarganya seperti manusia.

    Jika membuang air panas sembarangan dapat mengakibatkan jin cedera bahkan terbunuh. Sebagai makhluk yang tinggi derajatnya, hal ini tentu tidak patut untuk dilakukan. Sehingga sebaiknya berhati-hati jika ingin membuang air panas.

    Jika terpaksa dan tidak lagi membutuhkan air panas tersebut. Ada baiknya dinginkan terlebih dahulu sebelum dibuang sehingga tidak akan mencederai bangsa jin yang hidup ditempat tersebut nantinya. Ini akan jauh lebih baik.

    2.       Mencederai hewan.

    Hewan yang hidup di sekitar kita memiliki ukuran yang bervariasi. Hewan berukuran besar hidup diatas bumi dan terbang diudara. Hewan-hewan kecil hidup dan berkembang biak dalam lubang-lubang bawah tanah.

    Sehingga jika anda membuang air panas ke lubang yang ada di tanah, akan mencederai hewan yang ada di tempat itu. Karena mencederai makhluk lain tidak diperbolehkan. Sebagai makhluk beriman sudah seharusnya manusia mematuhinya.

    Jika anda ingin membuang air panas bahkan air bisa sekalipun, buanglah dengan adab yang baik. Pilihlah tempat pembuangan yang sesuai seperti jalur pembuangan air yang telah ada atau pada tanaman yang membutuhkan air untuk hidup.

    3.       Tanaman

    Tanaman memang membutuhkan air untuk hidup dan membesar. Air yang diambil dari dalam tanah menggunakan akar akan diubah menjadi zat nutrisi oleh tanaman sehingga tanaman dapat hidup dan berkembang.

    Hukum Membuang Air Panas Sembarangan pada tanaman sekalipun dilarang, karena bisa merusak akar, batang serta daun pada tanaman tersebut. Jika ini terjadi tanaman bisa layu dan mati karena tersiram oleh air panas.

    Oleh sebab itu penting untuk diketahui dan hindari agar dapat terhindar dari berbuat kejam pada tanaman. Anda tentu tidak ingin tanaman yang susah payah ditanam mati hanya karena hal sepele, kesalahan saat membuang air panas.

    Islam sangat memperhatikan lingkungan dan makhluk yang ada di sekitarnya. Sebagai agama yang memberikan rahmat pada seluruh umat, ajaran Islam selalu mendidik umatnya untuk berperilaku baik untuk diri dan sekitarnya.

    Hal ini demi menjaga kelangsungan hidup bersama dan tidak saling merugikan. Walaupun sudah jelas ada beberapa bangsa jin yang mengganggu manusia, tetapi Islam tidak membenarkan sikap yang merugikan makhluk ini.

    Jin sebagai makhluk yang hidup berdampingan dengan manusia kadang bisa mengganggu. Ada beberapa hal yang menyebabkan jin bisa masuk dan  mengganggu manusia. Berikut kondisi yang bisa membuat manusia di ganggu  jin.

    •          Menyukai manusia tersebut

    Ini adalah jenis gangguan kerusakan jin yang paling ringan serta paling mudah untuk dibersihkan. Ini bisa terjadi jika ada jin yang menyukai seorang manusia.  Bisa bayi, anak-anak maupun dewasa.

    Jin akan masuk dan bersarang dalam tubuh manusia tersebut agar merasa tenang dan nyaman. Hal ini tentu saja akan merugikan manusia yang dimasuki. Pada tubuh manusia tersebut akan terasa pegal, nyeri dan keluhan lainnya.

    Oleh sebab itu disarankan untuk menjaga aurat dimana pun berada sehingga tidak mengundang keinginan makhluk lain untuk datang.  Kamar mandi menjadi tempat yang sering di tempat jin.

    •          Mengganggu jin

    Jin bisa masuk ke tubuh manusia jika diganggu.  Gangguan yang sering biasanya menginginkan jin dan melanggar Hukum Membuang Air Panas Sembarangan. Hal ini bisa membangkitkan kemarahan jin.

    Bahkan tindakan membuang air panas sembarangan bisa menyebabkan jin terbunuh ini tentu akan menimbulkan kemarahan jin. Sehingga membalas dendam dengan memasuki tubuh manusia tadi.

    Ini adalah jenis gangguan yang paling berat. Menghilangkan gangguan jin jenis ini tidak mudah.  Bahkan kadang bisa menyebabkan seseorang terbunuh. Sebuah hal yang sangat mengerikan yang seharusnya dapat dihindari.

    •          Jin iseng

    Gangguan yang ke tiga dapat terjadi karena jin yang nakal dan iseng. Sama seperti manusia jin juga kadang bisa berkelakuan nakal atau iseng. Mengganggu manusia yang kebetulan lewat atau berada di dekatnya.

    Jin mencoba menakutkan dengan hal-hal gaib.  Tentu saja ini hanya bersifat sementara dan biasanya berlangsung sebentar. Hanya saja jika seseorang memiliki jiwa yang lemah maka jin betah untuk menggoda. 

    Oleh sebab itu di mana pun anda berada dan dalam keadaan apa pun jangan lupa untuk selalu bertakwalah pada Allah s.w.t. Jika jiwa seseorang kuat maka tidak akan mudah untuk diganggu.

    Dari uraian di atas jelas lah bahwa Hukum Membuang Air Panas Sembarangan  tidak dibenarkan.  Anda yang masih melakukannya berhentilah karena hal ini menimbulkan banyak kerugian bagi makhluk lainnya.

    Terutama saat membuang air panas ke lubang closet. Karena dalam sebuah hadist disebutkan “Saat seseorang buang hajat, sebenarnya itulah tempat tinggal jin, Semua aktivitas dikamar mandi haruslah terlindungi.

    Maka ucapkanlah saat hendak masuk ke kamar mandi “ aku berlindung dari setan laki-laki juga setan perempuan hanya kepadamu ya Allah. “ hal ini agar setan atau jin nakal tidak bisa mengganggu saat anda di kamar mandi atau tempat buang hajat.

    Hidup berdampingan dalam damai sesama makhluk tentu harus dilakukan bersama. Dengan cara memperhatikan adab membuang air panas saja, anda sudah menghargai keberadaan makhluk-makhluk lainnya.

    Dengan demikian makhluk jin pun tidak akan mengganggu manusia,  tumbuhan dan hewan pun dapat hidup tenang.  Jadi perhatian lingkungan sekitar anda, lalu jaga adab di mana pun berada.

    Sebagai makhluk tuhan yang memiliki akal budi maka kita harus bisa menjalani kehidupan yang sesuai dengan tuntutan syariat. Salah satunya Hukum Membuang Air Panas Sembarangan yang harus diperhatikan.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon