Bagaimana Hukum Meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan? - Ruqyah di Cirebon

16 Mar 2021

Bagaimana Hukum Meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan?

                        Bagaimana Hukum Meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan

    Bagaimana Hukum Meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan? - Ramadhan adalah bulan suci yang banyak sekali hal-hal dahsyat di dalamnya. Jika berbicara mengenai hukum ruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan, maka kenali terlebih ramadhan itu sendiri. Pada bahasan di bawah ini akan dijelaskan kepada Anda mengenai tiga poin penting.

    Pertama, akan dijelaskan utama dari Bulan Ramadhan. Selanjutnya, Anda akan mengetahui apa makna ruqyah yang sesungguhnya. Untuk pembahasan terakhir, Anda akan menemukan jawaban dari hukum ruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan. Oleh karena itu, baca penjelasan mulai awal hingga akhir untuk mendapatkan jawabannya

    Mengenal Bulan Ramadhan Lebih Dalam

    Bulan Ramadhan disebut juga sebagai syahrul Qur’an. Pada bulan ini, Allah menurunkan Al-Qur’an untuk menjadi pedoman yang mulia. Jika dilihat dari ayat Al-Qur’an dan beberapa hadits, tentu banyak ditemui jika banyak hal mustajab yang terjadi. Berikut adalah 2 kekuatan besar yang ada di Bulan Ramadhan

    Kekuatan Waktu

    Anda juga bisa mendasarkan hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan dengan kekuatan waktu. Maksud dari kekuatan waktu ini adalah kekuatan Bulan Ramadhan itu sendiri dan terjadi pelemahan pada setan. Menurut sebuah riwayat, pada Bulan Ramadhan semua setan yang ada memang akan melemah.

    Kekuatan Individu

    Kekuatan individu untuk orang yang sedang puasa juga sangat dahsyat. Jika Anda adalah seorang muslim yang taat, pasti akan merasakan betapa besarnya manfaat dari Bulan Puasa. Anda akan lebih bisa mendekatkan diri dan selalu berdoa kepada Allah. Pada Bulan Ramadhan, doa manusia akan lebih mustajabah dan cepat dikabulkan oleh Allah s.w.t.

    Apa itu Ruqyah?

    Ruqyah merupakan metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu hal agar terhindar dari gangguan sihir, iblis, kerasukan, penyakit gila, dan lain sebagainya. Metode Ruqyah ini kerap kali terdengar dan menjadi sesuatu hal yang sudah tidak tabu lagi. Untuk waktu dilakukan ruqyah biasanya tidak ada penentuan khusus.

    Hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan juga banyak dibicarakan. Sebenarnya, Anda tidak perlu ragu akan hal tersebut. Ini dikarenakan semua waktu menjadi baik jika cara yang dilakukan baik. Untuk melakukan ruqyah, Anda harus bisa memilih orang yang memang benar-benar meruqyah dengan ilmu dan pemahaman yang benar.

    Hukum Meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan

    Setelah membaca penjelasan diatas, kini Anda akan mengetahui hukum ruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan. Pada Bulan Ramadhan, Allah memberikan keistimewaan dan hal tersebut sangat berguna untuk seluruh makhluknya. Di Bulan Ramadhan, doa-doa akan lebih mudah diijabah oleh Allah s.w.t.

    Memberikan Kebaikan dan Manfaat 

    Perlu diketahui jika orang yang melakukan ruqyah tentu saja mempunyai masalah. Entah itu dalam bentuk masalah pikiran, rohani, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, manfaat melakukan ruqyah itu sangat baik karena bisa memberikan kebaikan untuk orang lain. Banyak sekali orang yang sembuh karena doa-doa dari ruqyah.

    Dapat dikatakan jika ruqyah merupakan sebuah amalan baik. Ini dikarenakan pertolongan yang digunakan adalah menggunakan doa yang memang ada dalam syariat. Sehingga, ini tidak sama sekali dengan urusan sesat atau yang lainnya.

    Membentengi Diri Sendiri

    Ketika Anda melihat hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan ini sangat dianjurkan, maka ini besar kaitannya dengan pembentengan pada diri. Dalam melakukan ruqyah secara tidak langsung Anda membentengi diri sendiri dari gangguan luar baik sihir maupun setan. Pembacaan yang dilakukan pada saat proses ruqyah ini salah satunya adalah ayat kursi dst.

    Doa-doa tersebut sangat mujarab dan memang bisa dijadikan benteng untuk diri sendiri. Disarankan juga kepada Anda agar selalu membaca ayat kursi walaupun tidak sedang dalam proses ruqyah.

    Meningkatkan Kesehatan dalam Tubuh

    Proses ruqyah juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ini didasarkan pada penelitian yang membuktikan bahwa ayat dalam doa Al-Qur’an bisa menyehatkan tubuh dan mental. Inilah yang menjadi dasar bahwa ruqyah ternyata mampu meningkatkan kesehatan tubuh baik fisik maupun rohani.

    Membuat Hati Tenang

    Hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan sangat dianjurkan dan membuat hati menjadi tenang. Ketika tubuh dan pikiran Anda tenang dan damai pasti hal tersebut mengindikasikan bahwa tidak ada gangguan setan maupun jin. Oleh karena itu, proses ruqyah selalu dibacakan doa dan ayat al-qur’an yang benar.

    Meskipun tidak sedang mengalami proses ruqyah, Anda juga dianjurkan untuk membaca ayat atau doa yang ada. Jika Anda tidak bisa melakukan hal tersebut, Anda dapat mendengarkannya saja. Entah itu dari bacaan orang lain maupun dari alat teknologi. Dengan begitu, Anda akan selalu mendengarkan ayat-ayat Alquran yang sangat mendamaikan hati.

    Mengamalkan Sunnah

    Pengamalan sunnah juga bisa dilakukan melalui proses Ruqyah. Seperti yang diketahui jika dalam melakukan ruqyah pasti akan dibacakan doa dan dzikir. Dari sini, Anda akan mendapatkan nilai sunnah dan bernilai pahala. Untuk Anda yang sedang meruqyah seseorang, pastikan doa dan zikir sesuai dengan syariat agama Islam.

    Hal tersebut akan bernilai pahala yang sangat berlipat untuk diri Anda. Dalam konteks ini, Anda bisa mengamalkan sunnah dari diri sendiri dan juga pahala karena membantu orang lain.

    BACA JUGA : CARA MENDOAKAN ORANG SAKIT JARAK JAUH

    Hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan ini sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang mengalami kegelisahan. Ini dikarenakan manfaat dari kegiatan ruqyah adalah mengurangi stress yang ada di dalam jiwa. Ini seringkali terjadi kepada beberapa orang yang kebingungan untuk mendapatkan jawaban yang sebenarnya dirinya sendiri tidak mengetahuinya.

    Anda bisa melakukan ruqyah, untuk mengurangi stress dan kegelisahan. Emosi yang ada di dalam diri Anda juga akan terkendali dengan baik.

    Itulah penjelasan lengkap mengenai hukum meruqyah pada Bulan Puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan memang mempunyai banyak waktu yang mulia. Semua kegiatan yang dilakukan pada Bulan Ramadhan nantinya akan cepat diijabah oleh Allah SWT. Meruqyah pada Bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan.

    Hal yang terpenting adalah peruqyah harus orang yang memang paham mengenai ilmu ruqyah dan agama. Anda bisa menggunakan ruqyah yang sudah direkomendasikan diatas untuk mendapatkan hasil terbaik.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon