Cara Mendoakan Orang Sakit dari Jarak Jauh dan Anjuran Doa Bagi Penderita - Ruqyah di Cirebon

16 Mar 2021

Cara Mendoakan Orang Sakit dari Jarak Jauh dan Anjuran Doa Bagi Penderita

    Cara Mendoakan Orang Sakit dari Jarak Jauh dan Anjuran Doa Bagi Penderita

    Cara Mendoakan Orang Sakit dari Jarak Jauh dan Anjuran Doa Bagi Penderita - Dalam hidup kita pasti dihadapkan dengan berbagai nasib seperti halnya sakit ataupun sehat. Bahkan dalam menghadapi kehidupan sepertinya sebagian besar tidak ada yang terluput dari rasa sakit sehingga menjadikan hal ini penting untuk disampaikan hakikatnya.

    Pada hakikatnya sakit ataupun sehat sama-sama ujian dari Allah s.w.t. Diberikan rasa sakit tentu saja merupakan bentuk kasih sayang Allah untuk kita supaya terus mengingat-Nya. Di mana kita sadari dalam keadaan sehat terkadang kita malah melupakan Allah dengan tidak bersyukur dan sering lalai  atau bermaksiat.

    Tidak cukup itu saja terkadang Allah juga menguji kita dengan memberikan sakit kepada orang-orang terdekat kita seperti ibu, bapak, saudara, kerabat jauh, sahabat ataupun teman dekat yang membuat kita merasa sedih apalagi kalau kita tidak bisa menjangkau mereka atau tidak bisa menjenguknya secara langsung saat mereka sakit tentu merupakan sedihan yang sangat luar biasa bagi yang mengalami ujian ini.

    Jika Anda mengalami musibah ini tentu saja solusinya hanya bisa mendoakan nya dari jarak jauh walaupun memang doa dan sakit tidak berhubungan secara langsung seperti yang kita pahami sakit berhubungan dengan dokter ataupun obat. Tetapi kita sebagai umat muslim pasti memahami kalau dokter atau obat bukanlah penyembuh yang sebenarnya tetapi Allah yang Maha menyembuhkan segala penyakit yang diderita oleh hamba-nya dokter atau obat-obatan dianggap hanyalah perantara Semata.

    Cara mendoakan orang sakit dari jarak jauh Anda cukup hanya membaca beberapa doa yang dianjurkan diantaranya sebagai berikut:

    Doa untuk Orang Sakit

    Terdapat doa untuk orang yang sudah disampaikan Rasulullah saw dalam hadist berikut:

    "Allâhumma rabbannâsi adzibil ba'sa, isyfi antasy syâfi lâ syifâ'a illâ syifâuka syifâ an lâ yughâdiru saqaman imsahil ba'sa rabbinnâsi biyadikasysyafâu lâ kâsyifa lahu illa anta as alullâhal'adhîmi, rabbal arsyil 'adzhîm ayyasyfiyaka."

    Artinya: "Ya Allah Tuhan segala manusia, jauhkanlah penyakit itu dan sembuhkanlah ia, Engkau yang menyembuhkan, tak ada obat selain obat-Mu, obat yang tidak meninggalkan sakit lagi. Hilangkanlah penyakit itu, wahai Tuhan pengurus manusia, hanya pada-Mu obat itu. Tak ada yang dapat menghilangkan penyakit selain Engkau, aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang agung, semoga Dia menyembuhkanmu." (HR. Bukhari dan Muslim)

    Doa yang berdasarkan hadits ini menjadi salah satu senjata umat muslim yang sedang dilanda kesedihan karena sedang diuji dengan rasa sakit akibat keluarganya, sanak saudaranya atau teman dekatnya yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

    Anda bisa mencoba berdoa dengan bacaan doa diatas untuk mendoakan mereka yang sedang sakit dan Anda berada  di tempat yang jauh dari mereka doa ini menjadi solusi terbaik sebagai obat terbaik untuk menyembuhkan keluhan sakit dari mereka yang Anda sayangi.

    BACA JUGA : DEDI NATADININGRAT MEMBERIKAN PELAYANAN RUQYAH TERBAIK

    Doa Cepat Sembuh Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

    Selain hari tua yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim terdapat juga Hadits yang bisa digunakan untuk berdoa untuk kesembuhan orang sakit yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Al Hamin dan At-tirmidzi. Berikut ini lafal latin dan artinya:

    "Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka"

    Artinya :

    Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau.

    Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 7 Kali. Pada riwayatnya Rasulullah pernah menyuruh bagi orang yang ingin menjengong orang sakit untu membacakan doa ini kepada orang yang yang sakit tersebut sebelum terputus nyawa dari raganya. Atas izin Allah orang yang menderita penyakit tersebut akan segera diangkat penyakitnya oleh Allah SWT.

    Doa untuk Orang Sakit dengan Sholawat Tibbil Qulub

    Cara mendoakan orang sakit dari jarak jauh bisa menggunakan shalawat tibbil Qulub. Sholawat ini bisa dijadikan wasilah kesembuhan bagi orang yang menderita penyakit sehingga jika Anda mendapati keluarga sanak saudara dan teman dekat Anda yang mengidap penyakit tertentu bisa dibacakan sholawat tibbil Qulub ini walaupun dari jarak jauh.

     Berikut bacaan sholawat tibbil Qulub yang bisa Anda bacakan untuk orang sakit:

    "Allahumma Shalli alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Qiuluubi Wadawaaiha Waaafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadliyaaihaa Waquwwati Ajsaadi Wal Arwaahi Waghidaa Iha Waalaa Aalihi Washahbihi Ajmain

    Artinya :

    Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, sebagau obat hati dan penyembuhan, Penyehat badan dann kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya."

    Sholawat tibbil Qulub ini dianjurkan dibaca sebanyak 10 kali sambil menyentuh bagian tubuh orang yang sedang sakit. Bisa Anda lakukan pada yang mahram saja bagi Anda yang bisa menjenguk orang sakit secara langsung selain dengan menggunakan cara mendoakan orang sakit dari jarak jauh.

    Doa untuk Orang Sakit secara Umum

    Terdapat juga doa untuk orang sakit secara umum yang bisa Anda bacakan pada saat menjenguk orang sakit. Doa ini dibacakan dengan cara sambil memegang bagian tubuh yang dirasakan oleh penderita sebanyak 3 kali dengan membaca basmalah terlebih dahulu. Doanya sebagai berikut:

    أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    Artinya: "Aku berlindung kepada keagungan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang aku rasakan dan aku hindari.

    Doa untuk Orang Sakit Demam atau Sakit Kepala

    Demam dan sakit kepala tidak jarang dialami oleh manusia sehingga doa khusus ini bisa Anda gunakan untuk Anda yang sedang menghadapi orang yang menderita sakit tersebut. Bacaan berikut ini bisa Anda anjurkan pada penderita sambil dibarengi dengan doa-doa khusus cara mendoakan orang sakit dari jarak jauh:

    "Bismillahil kabîri na'udzubillahil a'dziimi  minsysyarri i'rqin na'ârin wa min syarri harran nâs."

    Artinya: Dengan nama Allah yang agung kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

    Selain membaca doa ini penderita juga dianjurkan untuk membaca surah al-ikhlas an-nas dan al-falaq. Setelah itu penderita harus meniupkan pada telapak tangannya kemudian dilanjutkan dengan ke seluruh tubuhnya dengan dibarengi  doa ketika tertimpa bencana.

    Doa untuk Orang Sakit Mata

    Tidak hanya sakit demam dan sakit kepala yang bisa didoakan dari jarak jauh  tetapi orang yang sedang sakit mata juga bisa didoakan dengan cukup membaca doa khusus secara jarak jauh saja sebagaimana yang sudah diulas sebelumnya di atas.

    Bagi penderita yang sedang mengalami sakit mata seperti iritasi atau belekan bisa membaca doa berikut ini untuk menyembuhkannya:

    "Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasyfi antassyaafi, laa syifaa'a illaa syifaa'uka syifaa'an laa yughaadiru saqaman"

    Artinya: "Ya Allah, Rabb umat manusia, lenyapkanlah penyakit, dan sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tiada kesembuhan kecuali hanya kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tiada meninggalkan satu penyakit pun.

    Itulah pembaca cara mendoakan orang sakit dari jarak jauh sekaligus doa-doa khusus untuk si penderita penyakit tersebut.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon