Doa untuk Anak yang Sulit Tidur dan Rewel di Malam Hari - Ruqyah di Cirebon

12 Jun 2021

Doa untuk Anak yang Sulit Tidur dan Rewel di Malam Hari

    Doa untuk Anak yang Sulit Tidur dan Rewel di Malam Hari

    Doa untuk Anak yang Sulit Tidur dan Rewel di Malam Hari yang bisa dibaca setiap kali Anda menidurkannya. Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan waktunya dengan tidur, dan seiring waktu, jam tidur berkurang dan akan dibagi antara malam dan siang. Pada tahun-tahun pertama anak akan bangun jika dia merasa lapar, atau jika suara keras terjadi di dekatnya, serta jika kulitnya meradang oleh alergi.

    Jika saat seorang anak itu mungkin kurang tidur dan keluarganya di sampingnya tetap terjaga akan tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan serta kami akan menjelaskan beberapa manfaat ruqyah pada anak anak. Maka dari itu kami disini akan mencoba mengulas tentang apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tidur pada anak-anak.

    Pertama-tama, perlu bagi orang tua untuk mengetahui sifat anak-anak mereka, karena setiap anak berbeda satu sama lain, terutama dalam masalah tidur dalam hal durasi dan masalahnya. Jadi perhatian yang lebih harus diberikan pada hal ini serta tidak mengabaikannya. Agar  permasalahan tersebut tidak semakin parah dan intensif.

    BACA JUGA : CARA RUQYAH ANAK SENDIRI SESUAI SYARIAT ISLAM

    Penyebab gangguan tidur pada anak

    Banyak gangguan tidur pada anak disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak teratur, pada hari-hari tertentu anak begadang dengan orang tuanya, dan pada hari lain dipaksa untuk tidur lebih awal, namun penyebab gangguan tersebut bermacam-macam, antara lain:

    Penyakit organik yang menyebabkan gangguan tidur, seperti gangguan usus, kesulitan bernapas, suhu tinggi, atau berbagai nyeri fisik.

    Penyebab psikologis seperti: gangguan emosi, ketegangan, ketidakstabilan, ketakutan dan rasa tidak aman, sebagai akibat dari:

    Mendengar cerita seram tentang hantu dan jin, dll.

    Kesibukan orang tua dengan pekerjaan dan jarak mereka dari anak-anak di siang hari.

    Pertengkaran verbal dan fisik orang tua di depan atau di atas pendengaran anak, atau terjadinya perceraian.

    Persaingan antara saudara kandung, teman sebaya dan rekan kerja, atau kelahiran anak baru, dan kecemasan yang menyertainya, ketegangan yang intens dan kecemburuan.

    Takut akan kematian, terutama ketika ada kematian anggota keluarga baru-baru ini.

    Apa Saja Penyebab Anak Susah Tidur dan Rewel di Malam Hari?

    Masalah tidur dapat disebabkan oleh ketakutan anak akan perpisahan (separation anxiety) atau jarak dari orang tua dan keluarga, sehingga anak berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah perpisahan dengan orang tua saat waktu tidur tiba.

    Dan misalakan karena sikap orang tua yang salah tentang durasi dan persyaratan tidur, memaksa anak untuk tidur, menggunakan tidur sebagai ancaman atau hukuman, dan mengandalkan pengasuh dan pelayan yang mendorong anak untuk tidur dengan berbagai cara.

    Ada juga karena faktor sosial seperti: sempitnya tempat tinggal dan akibatnya anak-anak tidur dengan orang tuanya dalam satu kamar.

    Masalah tidur paling penting pada anak

    Biasanya anak-anak menderita masalah tidur penyebabnya adalah karena:

    Insomnia

    Insomnia dapat mempengaruhi anak, yang membuat bangun tanpa tidur yang cukup, berbicara saat tidur, dan berputar terus sepanjang malam, dan ini menyebabkan anak cepat marah, dan cemas dengan kesulitan berkonsentrasi dan banyak menangis.

    Berjalan dalam tidur

    Berjalan dalam tidur ini biasa terjadi pada usia sekolah, dan kasus ini menghilang setelah mereka memasuki masa remaja, dan kondisi ini sering dikaitkan dengan buang air kecil di malam hari.

    Teror malam dan serangan panik

    Kasus-kasus ini muncul pada anak-anak di tahun-tahun pra-sekolah, dan pada anak laki-laki lebih banyak daripada anak perempuan, di mana anak yang ketakutan mengeluhkan pengelihatan visual aneh yang sering dia lupakan ketika dia bangun, dan kasus malam hari teror hilang dengan sendirinya, dan ini mungkin disertai dengan demam suhu badan yang tinggi.

    Mimpi buruk malam

    Hal ini juga mempengaruhi anak-anak dari berbagai usia dan berbeda dari terror di malam hari, ketika anak memimpikan hal yang mengganggu, kemudian bangun dengan ketakutan karena mengingat mimpi itu, dan menanggapi upaya untuk meyakinkan orang tuanya, tetapi merasa sulit untuk kembali tidur , dan seiring bertambahnya usia, sebagian besar mimpi buruk anak menghilang. 

    Insomnia adalah salah satu masalah yang paling umum pada bayi dan orang dewasa. Mereka yang mengeluh karena tidak bisa tidur di malam hari dan karena itu menghabiskan hari berikutnya dengan lelah mencari solusi mutlak untuk masalah ini. Ini adalah salah satu keluhan ibu yang paling umum pada bayi. Pada titik ini, doa tidur dan doa insomnia muncul dalam pikiran.

    Apa Manfaat Ruqyah bagi Anak yang Rewel dan Susah Tidur?

    Ruqyah adalah cara penyembuhan dengan membacakan sesuatu kepada anak agar bisa kembali tidur dengan normal tanpa gangguan apapun. Ritual ruqyah diyakini telah berlangsung selama ratusan bahkan ribuan tahun.

    Namun jika ingin meruqyah anak yang hanya susah tidur dan rewel Anda dapat meminta pertolongan kepada Allah adalah dengan membaca doa tidur untuk bayi bisa membaca salah satu opsi di bawah ini untuk tertidur. Malam tanpa tidur tidak diragukan lagi adalah mimpi buruk semua orang. Masalah tertidur sering terjadi pada orang dewasa dan bayi.

    Sementara ibu mengeluh bahwa mereka tidak dapat menidurkan bayinya, hal ini dapat mempengaruhi kehidupan dengan cara yang sangat negatif bagi orang dewasa. Doa tidur datang ke pikiran pada saat ini. Tapi bila si anak sudah dapat membaca doa, Anda bisa membiasakan membaca doa sebelum tidur, seperti:

    بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ (Bismika Allahumma ahya wa amut)

    Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati."

    Akan tetapi bila anak belum bisa membaca, Anda dapat membacakan doa supaya anak dapat tertidur nyenyak dan tidak rewel di malam hari:

    عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ

    (Dzii quwwatin 'inda dzil 'arsyi makiin)

    Artinya: "Yang mempunyai kekuatan lagi (pula) mempunyai kedudukan di sisi Pemilik 'Arsy." (QS. At- Takwir: ayat 20)

    Selain beberapa doa di atas, Anda juga dapat membaca doa berikut ini:

    بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

    (Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa la fis samaa'i wahuwas sami'ul alim)

    Yang artinya "Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya, sesuatu apapun itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui."

    Bila Anda ingin anak tidur nyenyak dan tidak diganggu jin atau setan, bisa membaca doa, seperti dikutip dari buku Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya oleh Aulia Fadhli:

    Surat Al-Fatihah

    Ayat Kursi

    Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas yang dibaca masing-masing 3 kali di pagi, sore, dan menjelang tidur.

    Nabi Muhammad (saw) bersabda:

    Barang siapa berniat untuk tidur, maka berbaringlah di tempat tidurnya dan katakan:

    "Ya Tuhan, aku menyerahkan jiwaku kepada-Mu, aku berbalik kepada-Mu dengan segenap keberadaanku."

    "Aku telah mempercayakan urusanku kepada-Mu, aku mengandalkan kekuatan-Mu."

    "Saya berharap belas kasihan-Mu, dan saya takut akan murka-Mu."

    “Aku berlindung dengan rahmat-Mu dan aku memohon keselamatan-Mu.”

    “Dan aku mengakui imanku kepada Kitab yang kamu turunkan dan Nabi (saw) yang kamu utus.”

    Jika Anda mati pada malam saat membaca ini, Anda akan mati menurut kodratnya ; jika Anda bangun di pagi hari, Anda akan menemukan hal-hal yang baik. “Bukhari, Daavât 7.9; Tauhid 34; Muslim, Zikr 56, (2710); Tirmidzi, Daavât 76, (3391) ''.

    Salah satu situasi yang dihadapi banyak ibu adalan saat bayinya tidak bisa tidur. Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca agar buah hati Anda bisa tertidur dan tidurnya nyenyak. Berikut adalah Surah Fatihah, Surah Ikhlas, Surah Insyrah dan Surah An-Naba. Dianjurkan untuk membaca surah ini sambil mengayunkan bayi Anda untuk tidur. Selamat mencoba, semoga berhasil dan mendapatkan manfaat ruqyah supaya si anak bisa tidur nyenyak atau rewel di malam hari.


    © Copyright - Ruqyah di Cirebon