Manfaat dan Khasiat Al Fatihah dan Cerita Sahabat Nabi Meruqyah Kepala Kampung - Ruqyah di Cirebon

19 Okt 2021

Manfaat dan Khasiat Al Fatihah dan Cerita Sahabat Nabi Meruqyah Kepala Kampung

    Manfaat dan Khasiat Al Fatihah dan Cerita Sahabat Nabi Meruqyah Kepala Kampung

    Manfaat dan Khasiat Al Fatihah dan Cerita Sahabat Nabi Meruqiyah Kepala Kampung - Kitab Suci Al-Qur'an adalah kitab yang tak ternilai dan tak tergantikan bagi kita umat Islam. Setiap kata dari Al-Qur'an suci kami sangat berharga bagi setiap Muslim di seluruh dunia. Surat Fatihah memiliki tujuh ayat. Ya, Surah Al Fatihah adalah tiang doa , dan kita bisa membacanya lebih dari 17 kali setiap hari.

    Tetapi berapa banyak dari kita yang mengerti apa yang kita katakan, berapa banyak dari kita yang meluangkan waktu untuk berhenti dan menyadari serta merenungkannya. kehebatan Bab ini. Saya yakin hanya sedikit dari kita yang meluangkan waktu untuk memahami kebaikannya. Simak terus artikel ini mengenai manfaat dan khasiat Al Fatihah dan cerita sahabat nabi meruqiyah kepala kampung.

    Turunnya Surah Fatihah

    Wahyu Surah Fatihah atas nabi kita tercinta (saw) berada di Mekah tepat sebelum ia bermigrasi ke Madinah, menurut Ibn Abbas, Qatadah dan Abu'l-Aliyah. Ini adalah Surah kelima dari Quran yang diturunkan secara kronologis. Yang pertama mengungkapkan secara utuh. 'Kami telah mengirimkan kepadamu Tujuh Ayat yang Sering Diulang.' (Surat Al-Hijr 15:87)

    Sejarah dan Makna

    Ini adalah Surat Makki dari Al-Qur'an Suci kita, yang berarti bahwa surat itu diturunkan kepada Nabi kita tercinta (saw) Allah Yang Mahakuasa, ketika Dia berada di Mekah, sebelum hijrahnya ke Madinah. Al-Fatiha sendiri berarti “Pembukaan” karena bagian ini berada tepat di awal Al-Qur'an dan berfungsi sebagai tempat masuk untuk membaca Al-Qur'an lebih lanjut. Selain itu, umat Islam harus membaca Surah ini pada awal setiap Shalat.

    Manfaat Surat Al Fatihah

    Fatihah adalah Surat Terbesar dari Al-Qur'an

    Ketika Nabi kita Muhammad berkata kepada salah satu sahabatnya bahwa dia akan mengajarinya bab terbesar dalam Al-Qur'an, dia membaca Surah Al Fatihah. Diriwayatkan dengan baik oleh Abu Sa`id Al-Mu'alla, bahwa, 'Ketika saya sedang berdoa, Nabi memanggil saya tetapi saya tidak menanggapi panggilannya. Kemudian saya berkata, Wahai Rasulullah saya sedang berdoa.' Dia kemudian berkata, 'Bukankah Allah berfirman,

    Wahai orang-orang yang beriman. Berikan jawabanmu kepada Allah (dengan menaati-Nya) dan kepada Rasul-Nya ketika dia memanggilmu'?'. Dia kemudian menyebutkan, 'Maukah aku mengajarimu Surah yang paling unggul dalam Al Qur'an?' (Surat Al-Fatihah) yang terdiri dari tujuh ayat yang berulang kali dibacakan dan Al-Qur'an yang diberikan kepadaku.'

    Surah Al Fatihah adalah Tiang Shalat

    Nabi kita tercinta Muhammad (damai dan berkah besertanya) mengatakan bahwa jika seseorang tidak membaca Surah Fatihah dalam shalatnya (Salah), shalatnya akan segera batal.

    BACA JUGA : SEJARA RUQYAH DALAM ISLAM

    Apa Saja Manfaat dan Khasiat Al Fatihah?

    Fatihah adalah Obat dari Penyakit 

    Seorang sahabat Nabi Muhammad (damai dan berkah besertanya) pernah membaca Surah Fatihah setelah digigit kalajengking, dan setelah melihat ini Nabi (damai dan berkah besertanya) memerintahkannya dan berkata, 'Bagaimana Anda tahu itu adalah Menyembuhkan [Ruqyah]?' (Sahih al Bukhari)

    Fatihah adalah Ibu dari Quran

    Utusan Allah menyebutkan bahwa Surah Fatihah adalah Ibu dari Al-Qur'an , dan Ibu dari Kitab serta tujuh ayat yang diulang-ulang itu adalah bacaan yang agung.

    Surah Al Fatihah adalah Karunia dari Allah SWT sebagai Bentuk Cahaya

    Seorang malaikat bertanya kepada Nabi kita (damai dan berkah besertanya) tentang surah, yang dijawab oleh utusan Allah bahwa ada dua cahaya dari surga, satu adalah Fatihah dan yang lainnya adalah Baqarah. 'Bergembiralah dengan dua cahaya yang dibawa kepadamu yang belum pernah dibawa kepada nabi sebelum kamu, satu adalah Al-Fatihah dan ayat-ayat terakhir dari Al-Baqarah'.

    Itu Salah Satu Rukun Sholat

    Membaca Al-Fatihah adalah salah satu rukun shalat, karena Nabi bersabda: “Tidak ada doa bagi siapa saja yang belum membaca pembukaan kitab.” Ini berlaku untuk Imam dan orang yang shalat sendirian.

    Ini Merangkul Prinsip Iman dalam Nama Allah yang Sempurna

    Bab ini mencakup prinsip-prinsip yang mengharuskan iman kepada Nama-nama Allah yang sempurna dan Sifat-sifat Yang Mulia, prinsip-prinsip yang dijunjung tinggi oleh para Imam dan generasi awal Islam.

    Surat Al-Fatihah Mengingatkan Kita Pada Hari Pertanggungjawaban dan Pahala

    Muslim harus mengingat Hari Pembalasan, Hari pertanggungjawaban dan pahala. Ketika seseorang mengingat hari itu, dia akan lebih mampu melakukan perbuatan wajib dan menghindari perbuatan yang melanggar hukum. Jadi, salah satu manfaat penting Surat Al-Fatihah adalah mengingatkan kita akan akhir zaman, dan apa yang terjadi setelahnya. Yang membuat kita tetap berbuat baik dan mengabaikan perbuatan buruk.

    Surat Al-Fatihah Menjelaskan Tiga Kategori Tauhid

    Ini mencakup tiga kategori Tauhid:

    Tauhid Ar-Rububiyyah (Ketuhanan), yang diambil dari firman Allah, "Tuhan dari semua yang ada."

    Tauhid Al-llahiyyah, yang berarti memilih Allah untuk beribadah, dan itu disimpulkan dari kata “Allah” dan dari, “Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan.”

    Tauhid Al-Asma' was-Sifat, yang berarti menegaskan Sifat-sifat Allah yang sempurna yang Dia nyatakan untuk diri-Nya sendiri, atau yang ditegaskan Nabi (SAW) untuk-Nya.

    Ini Mengajarkan Kita Untuk Menegaskan Bahwa Para Nabi Itu Ada

    Surat Al-Fatihah bermanfaat bagi kita dan “Membimbing kami ke jalan yang lurus,” yang menegaskan kenabian.

    Ini Membuktikan Apakah Mereka Akan Menjadi Hadiah Untuk Setiap Tindakan

    “Pemilik Hari Pembalasan,” menegaskan bahwa kita akan dihukum atau dihargai sesuai dengan perbuatan kita.

    Surat Al-Fatihah Petunjuk Jalan Lurus

    Dan “Tuntun kami ke jalan yang lurus,” termasuk penegasan Kehendak Ilahi dan penolakan orang-orang dari bid'ah dan kesesatan, karena itu adalah pengakuan akan kebenaran dan bertindak di atasnya. “Hanya Engkau (saja) kami sembah dan (dari) Engkau (saja) kami mohon pertolongan,” jelas menunjukkan bahwa ibadah harus dipersembahkan murni dan ikhlas untuk Allah semata.

    BACA JUGA : AL-QUR'AN SEBAGAI OBAT UTAMA MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT

    Bagaimana Cerita Sahabat Nabi Meruqiyah Kepala Kampung dengan Khasiat Al Fatihah?

    Cerita Sahabat Nabi Meruqiyah Kepala Kampung

    Khasiat Al Fatihah yang jarang diketahui oleh umat Islam adalah sebagai obat. Manfaat Al-fatihah dibenarkan oleh Nabi ketika menjadi sahabat kepala desa Meruqiyah. Kisah ketika sahabat kepala desa meruqiyah diriwayatkan dalam hadits Bukhari dan Muslim. Saat itu sekelompok teman sedang bepergian dan melewati sebuah desa Arab. Saat itu, mereka meminta untuk dihibur, namun warga desa enggan untuk menghibur.

    Mereka lalu bertanya, “Apakah ada di antara kalian yang bisa meruqiyah, karena aparat desa disengat binatang dan demam.” Kemudian di antara teman-teman itu kemudian seseorang berkata, "Ya ada." Kemudian dia mendatangi aparat desa dan dia meruqyah dengan membaca surat Al-Fatihah. Kemudian orang yang membaca ruqyah itu diberi seekor kambing, namun pada awalnya ia enggan menerimanya.

    Namun akhirnya dia menerima sampai kisah itu diceritakan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian dia mendatangi Nabi untuk menceritakan kisahnya tadi. Dia berkata: “Wahai Rasulullah, aku tidak meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Itu saja mengenai manfaat dan khasiat Al Fatihah dan cerita sahabat nabi meruqiyah kepala kampung.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon