Manfaat dan Khasiat Habbatussauda Jintan Hitam

Manfaat dan Khasiat Habbatussauda Jintan Hitam Untuk Kesehatan - Nigella sativa adalah tumbuhan berbunga kecil yang tumbuh di di beberapa wilayah. Tumbuhan ini juga memiliki buah dengan biji hitam kecil. Biasanya disebut hanya sebagai habbatussauda, selain itu juga memiliki nama lain yang disebut jintan hitam. Minyak ini telah digunakan karena Manfaat Habbatussauda membantu dalam beberapa pengobatan tradisional semenjak lebih dari 2.000 tahun.

Sebuah studi menunjukkan hal itu mungkin memiliki khasiat Habbatussauda bagi kesehatan, termasuk pengobatan asma dan membantu penurunan berat badan. Ini juga dioleskan untuk memberi manfaat pada kulit dan rambut. Pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa manfaat dan khasiat Habbatussauda Jintan Hitam bagi kesehatan.

Potensi manfaat kesehatan dari minyak jintan hitam

Dalam pengobatan tradisional, minyak jintan hitam telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Maka dari itu sering disebut sebagai "obat mujarab" atau penyembuh alternatif bagi semuanya. Meskipun tidak semua penggunaan obat yang disarankan terbukti efektif, minyak jintan hitam dan senyawa tanamannya telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Antioksidan Tinggi

Minyak Jintan Hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dengan senyawa tumbuhan yang membantu melindungi sel yang disebabkan oleh molekul yang tidak stabil. Antioksidan penting untuk kesehatan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap kondisi seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

Secara khusus, minyak biji hitam banyak mengandung thymoquinone, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Akibatnya, penelitian menunjukkan senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu dalam mengobati beberapa jenis kanker.

Dapat Membantu dalam Mengobati Asma

Asma adalah kondisi kronis di mana lapisan saluran udara Anda membengkak dan otot-otot di sekitarnya menyempit, sehingga sulit bagi Anda untuk bernapas. Minyak jintan hitam, terutama thymoquinone dalam minyak, dapat berfungsi mengobati asma dengan cara mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran udara.

Satu studi pada 80 orang dewasa dengan asma menemukan bahwa mengambil 500 mg kapsul minyak jintan hitam dua kali sehari selama 4 minggu secara signifikan meningkatkan kontrol asma. Meskipun menjanjikan, penelitian yang lebih besar dan lebih lama diperlukan untuk mengevaluasi keamanan jangka panjang dan efektivitas suplemen minyak jintan hitam dalam pengobatan asma.

BACA JUGA : RUQYAH MENGGUNAKAN MADU, HABBATUSSAUDA DAN MINYAK ZAITUN

Apa Saja Manfaat dan Khasiat Habbatussauda Jintan Hitam?

Dapat Membantu Upaya Penurunan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada setiap orang dengan obesitas, sindrom metabolik atau diabetes tipe 2. Selain itu, mereka yang mengonsumsi minyak jintan hitam telah kehilangan berat badan dan lingkar pinggang secara signifikan lebih banyak daripada kelompok plasebo.

Kelompok minyak juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar trigliserida dan kolesterol LDL. Selain itu diperlukan penelitian yang lebih tentang keamanan dan efektivitas jangka panjang dari mengonsumsi minyak jintan hitam untuk membantu menurunkan berat badan .

Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk individu dengan diabetes, kadar gula darah yang tinggi secara konsisten telah terbukti meningkatkan risiko komplikasi di masa depan, termasuk penyakit ginjal, penyakit mata, dan stroke. Beberapa penelitian pada individu dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa dosis 2 gram per hari biji hitam utuh yang dihancurkan dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah dan kadar hemoglobin A1c (HbA1c), dengan ukuran kadar gula darah rata-rata selama 2-3 bulan.

Sementara kebanyakan studi menggunakan bubuk biji hitam dalam bentuk kapsul, minyak biji hitam juga telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah. Satu studi di 99 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa kedua 1/3 sendok teh (1,5 ml) dan 3/5 sendok teh (3 mL) per hari dari minyak biji hitam selama 20 hari secara signifikan mengurangi tingkat HbA1c, dibandingkan dengan plasebo.

Dapat Berfungsi Menurunkan Tekanan Darah dan Juga Kadar Kolesterol

Minyak jintan hitam juga memiliki potensi dalam membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Satu dari 90 wanita dengan obesitas dan yang lainnya dari 72 orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Selain itu menemukan jika mengonsumsi 2-3 gram kapsul minyak jintan hitam setiap hari selama 8-12 minggu secara signifikan mengurangi LDL dan kadar kolesterol total. Studi lain dalam 90 orang dengan kadar kolesterol tinggi mengamati bahwa mengkonsumsi 2 sendok teh (10 gram) dari minyak biji hitam setelah makan sarapan selama 6 minggu kadar kolesterol secara signifikan mengurangi LDL .

Meskipun memang benar minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol tetapi hal tersebut masih terbatas. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi dosis optimal.

Dapat Melindungi Kesehatan Otak

Neuroinflammation adalah peradangan pada jaringan otak. Penelitian tabung dan hewan awal menunjukkan bahwa thymoquinone dalam minyak biji hitam dapat mengurangi peradangan saraf. Oleh karena itu, dapat membantu melindungi terhadap gangguan otak seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson. Namun, saat ini sangat sedikit penelitian tentang efektivitas minyak jintan hitam pada manusia khususnya mengenai otak.

Sebutkan Manfaat dan Khasiat Habbatussauda Jintan Hitam?

Satu studi pada 40 orang dewasa yang lebih tua yang sehat menemukan peningkatan yang signifikan dalam ukuran memori, perhatian, dan kognisi setelah mengambil 500 mg kapsul N. sativa dua kali sehari selama 9 minggu. Tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi efek dari minyak jintan hitam bagi kesehatan otak .

Semoga Baik untuk Kulit dan Rambut

Selain penggunaan medis, minyak biji hitam biasanya digunakan secara topikal untuk membantu berbagai kondisi kulit dan untuk melembabkan rambut . Penelitian menunjukkan dengan adanya efek antimikroba dan anti-inflamasinya, minyak jintan hitam dapat mengobati dalam beberapa kondisi kulit, seperti:

  • jerawat
  • eksim
  • kulit kering umum
  • psoriasis

Meskipun klaim bahwa minyak juga dapat membantu menghidrasi rambut dan mengurangi ketombe, tidak ada studi klinis yang mendukung klaim ini.

Manfaat potensial lainnya

Minyak jintan hitam mungkin memiliki manfaat lain untuk kesehatan, termasuk:

  • Efek antikanker.

Penelitian tabung reaksi telah menunjukkan thymoquinone dalam minyak biji hitam untuk membantu mengontrol pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis sel kanker.

  • Mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

Karena efek anti-inflamasinya, penelitian terbatas menunjukkan bahwa minyak biji hitam dapat membantu mengurangi peradangan sendi pada orang dengan rheumatoid arthritis.

  • Infertilitas pria.

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat meningkatkan kualitas air mani pada pria yang didiagnosis dengan infertilitas.

  • Anti jamur.

Minyak biji hitam juga telah terbukti memiliki aktivitas antijamur. Secara khusus, dapat melindungi terhadap Candida albicans , yang merupakan ragi yang dapat menyebabkan kandidiasis. Nah itu saja beberapa manfaat dan khasiat Habbatussauda Jintan Hitam yang ada pada artikel ini.