Doa Rasulullah agar Terbebas dan Terlepas dari Hutang - Ruqyah di Cirebon

10 Des 2021

Doa Rasulullah agar Terbebas dan Terlepas dari Hutang

    Doa Rasulullah  agar Terbebas dan Terlepas dari Hutang

    Doa Rasulullah  agar Terbebas dan Terlepas dari Hutang - Jika Anda dibebani dengan banyak hutang, sulit untuk membayar kembali dan sering tertekan karena masalah ini. Jangan khawatir, karena masih ada solusinya yaitu dengan mengamalkan doa yang mudah yaitu Doa agar Bebas dari Hutang dengan cepat yang perlu Anda minta kepada Allah SWT.

    Doa ini juga bisa digunakan untuk memohon rejeki yang banyak kepada Allah selain agar hutang cepat lunas dan terbebas dari hutang. Anda harus mengamalkan doa-doa ini jika ingin keluar dari masalah ini

    Doa Agar Terbebas dan Terlepas dari Hutang

    Berikut amalan melunasi hutang yang mudah dan baik yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang terbebani masalah hutang walaupun setinggi gunung seperti yang tertera dalam beberapa hadits shahih.

    Dari hadits Abu Said Al-Khudri RA:

    Ketika Rasulullah SAW memasuki masjid, tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah RA yang sedang duduk. Lalu Rasulullah langsung bertanya, “Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid padahal bukan di luar waktu shalat?”

    Abu Umamah segera menjawab, “Duka dan hutang telah menyelimutiku wahai Rasulullah!”Nabi pun menjawab, “Maukah aku mengajarimu sebuah doa jika kamu membacanya, Allah akan menghapus semua kesedihanmu dan melunasi hutangmu?”Abu Umamah menjawab, "Tentu saja, ya Rasulullah."Kemudian Yang Mulia berkata, "Bacalah di pagi dan sore hari dengan bacaan ini."

    Kasus terlilit hutang bukanlah hal yang baru untuk kita dengar. Karena bencana, tidak jarang seseorang kehilangan semua harta bendanya. Ketika seseorang terjerat masalah ekonomi, maka bacalah doa yang pernah diajarkan Nabi kepada menantunya, Ali bin Abi Thalib, di bawah ini.

    عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ مُكَاتَبًا جَاءَهُ فَقَالَ : إِنِّي قَدْ عَجَزْتُ عَنْ كِتَابَتِي فَأَعِنِّي ، قَالَ : أَلا أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ عَلَّمَنِيهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْكَ مِثْلُ جَبَلِ صِيرٍ دَيْنًا أَدَّاهُ اللَّهُ عَنْكَ ، قَالَ : قُلْ : اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

    Dari sahabat Ali bin Abi Thalib ra, “Sesungguhnya ada seorang budak mukatab (seorang budak yang sedang dalam proses pembebasan dirinya) datang kepadanya dan berkata, “Sungguh aku tidak mampu membebaskan diriku, tolonglah aku.” Ali berkata, “Maukah aku mengajarimu kalimat doa yang diajarkan Nabi kepadaku jika kamu memiliki hutang sebesar Gunung Shiir? Katakan.

    BACA JUGA : DOA UNTUK ORANG SAKIT 

    Doa Agar Utang Cepat Lunas

    Doa Melepas Hutang cepat lunas datangnya ketika Nabi SAW bertemu dengan sahabatnya, Muaz bin Jabal. Dia kemudian mengatakan kepada saya bahwa dia berhutang. Nabi kemudian membacakan dua ayat Alquran dari Surat Ali Imran ayat 26-27. Kemudian para sahabat Rasul mengamalkannya sebagai doa dan wirid harian.

    Alhamdulillah, Allah SWT mengabulkan doa sahabat tersebut dengan cara melunasi hutangnya dan memperbanyak rezekinya untuknya. Berikut adalah doa agar hutang cepat lunas seperti yang dilakukan oleh para sahabat Rasul sesuai nasehat Nabi Muhammad SAW,

    ``Ya Tuhan, yang memiliki segala kuasa. Engkau memberikan kekuasaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau mengambil kekuasaan dari siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau menghormati siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu segala kebaikan. Sesungguhnya, Engkau di atas segala sesuatu Yang Mahakuasa.’’

    Anda memasukkan malam ke dalam siang dan Anda membawa siang ke dalam malam, dan “Anda mengeluarkan yang hidup dari yang mati, dan Anda mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Berikut tata cara membaca doa agar mujarab dan cepat melunasi hutang anda :

    • Bacalah doa dengan perasaan yang tulus dan khusyuk.
    • Bacaan setelah sholat fardhu 5 waktu masing-masing dalam sholat membacanya 3 kali.
    • Sholat 2 rakaat sepertiga malam. Niatkan niat Anda untuk segera melunasi hutang yang Anda miliki.
    • Berdoa kepada Allah dengan kerendahan hati dan kerendahan hati', setelah salam doa, baca doa 11 kali.
    • Kemudian membaca Surat Al-Fatihah 3 kali.
    • Lakukan sholat istiqomah selama 40 hari tanpa henti, maka insya Allah hutang yang anda miliki akan lunas.
    • Seimbangkan doa agar utang cepat lunas dengan usaha nyata, misalnya seperti bekerja dengan pekerjaan halal, dan bekerja dengan tekun.
    • Selalu bertawakal kepada Allah, Anda harus yakin bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Barakallah.
    • Hukum Tidak Membayar Utang dalam Islam

    Hukum Tidak Membayar Utang dalam Islam

    Hukum Tidak Membayar Utang dalam Islam

    Membayar hutang dalam Islam adalah wajib dan tidak boleh ditunda-tunda dalam melunasinya. Orang yang berhutang dan tidak membayarnya meskipun mampu, akan mendapatkan dosa. Selain itu, orang yang meminjam uang atau berhutang harus memiliki niat yang kuat untuk mengembalikannya. Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 282:

    Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jika kamu tidak melakukan muamalah dengan uang tunai selama waktu tertentu, maka kamu harus menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan baik. Dan hendaklah penulis tidak segan-segan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menuliskannya. (QS. Al-Baqarah: 282).

    Berikut ini adalah dosa orang yang tidak membayar hutangnya:

    Tidak Masuk Surga

    Orang yang meninggal tetapi masih berhutang tidak akan masuk surga. Rasulullah SAW bersabda:

    “Barangsiapa ketika ruhnya lepas dari jasadnya ia terbebas dari tiga hal maka ia akan masuk surga, yaitu; sombong, mencuri ghanimah sebelum dibagi dan berhutang.” (HR. Ibnu Majah) [No. 2412 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Sahih.

    BACA JUGA : DOA RUQYAH SAKIT KEPALA DAN SAKIT GIGI

    Orang yang Berutang Jiwanya Masih Tergantung

    Dari Abu Hurairah ia berkata,

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jiwa seorang mukmin bergantung pada utangnya sampai lunas.” (HR. Ibn Majah) [No. 2413 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Sahih

    Pahala Diambil untuk Melunasi Hutang

    Bagi orang yang sudah meninggal tetapi belum melunasi hutangnya, akan diambil pahala seumur hidup untuk membayar hutang tersebut.Dari Ibnu Umar ia berkata,

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa meninggal dunia dalam keadaan berhutang satu dinar atau satu dirham, maka akan diganti pahala kebaikannya pada hari yang dinar dan dirham tidak berguna lagi.” (HR. Ibnu Majah) [ No. 2414 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Sahih.

    Saran Untuk Menghindari Hutang

    Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya untuk sebisa mungkin menahan diri dari utang. Hadits berikut yang menjelaskan bahwa Rasulullah selalu berdoa kepada Allah agar dilindungi agar tidak terlilit hutang.

    Dari Aisyah r.a: bahwa Rasulullah berdoa dalam doa: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan hutang. Lalu ada yang bertanya: Mengapa kamu begitu banyak meminta perlindungan dari hutang wahai Rasulullah? Beliau menjawab: Sesungguhnya jika seseorang berhutang, jika berbicara biasanya berdusta dan jika berjanji sering mengingkarinya. (HR.Bukhori Muslim)

    Berikut amalan Doa Melunasi Hutang yang diajarkan oleh Rasulullah:

    Latin: Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal khazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wal bukhli wa a'uudzubika min gholabatid daiyni waqahrir rijaali.

    Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari rasa takut dan kikir, dari terlilit hutang dan dari dominasi orang lain. (HR Abu Dawud No. 1330).

    Demikian pembahasan mengenai Doa agar Bebas dari Hutang ajaran rasulullah SAW, semoga artikel ini bermanfaat.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon