Doa Penangkal Santet untuk Melindungi dari Sihir - Ruqyah di Cirebon

21 Okt 2021

Doa Penangkal Santet untuk Melindungi dari Sihir

    Doa Penangkal Santet untuk Melindungi dari Sihir

    Doa Penangkal Santet untuk Melindungi dari Sihir - Sihir merupakan cara yang digunakan untuk mencelakai seseorang dari jarak jauh dengan cara menggunakan ilmu hitam. Istilah santet berasal dari Jawa Timur. Di Jawa Barat dan Banten, santet memiliki nama lain yaitu teluh, ganggoang, atau sogna. Santet sering kali digunakan dengan tujuan untuk membuat seseorang menjadi sengsara, miskin, sakit, atau bahkan terbunuh.

    Sihir biasanya juga dilakukan untuk memikat seseorang dengan santet atau pelet. Sebagai umat islam, kita harus selalu menjaga diri kita sendiri untuk menghindari gangguan santet. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan cara selalu mendekatkan diri Anda kepada Allah. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman, segera berdoa agar Anda agar dapat menghancurkan mantra tersebut.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu gaib, santet, sihir, dan pelet ada di sekitar kita. Pada artikel ini Anda akan mengetahui apa saja doa penangkal santet dan sihir, gangguan setan, dan hal mistis lainnya. Sihir biasanya dilakukan oleh dukun, paranormal, maupun orang pintar.

    Siapapun, terutama yang lemah iman dan jauh dari Allah SWT, bisa terkena sihir. Sebuah sihir hanya bisa mengenai seseorang atas izin Allah. “… Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah…” firman Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah ayat 102.

    Selalu Beribadah Kepada Allah SWT

    Umat ​​Islam harus selalu beribadah dengan ikhlas dan menjauhi syirik. Juga menjalankan segala kewajiban kepada Allah SWT, meninggalkan larangan-Nya, dan bertaubat kepada Allah SWT.

    Perbanyak Membaca Al Qur'an

    Membaca surat Al-Baqarah alangkah baiknya dilakukan setiap hari. Anjuran membaca Surah Al-Baqarah terdapat dalam beberapa hadits:

    Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang kepada para pembacanya pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat. Bacalah Zahrawain, yaitu Al-Baqarah dan Ali-Imran, karena keduanya akan datang pada Hari Pembalasan seperti awan atau dua bayangan, atau seperti dua sekawanan burung yang melebarkan sayapnya untuk membela pembacanya. Bacalah Surat Al-Baqarah karena sesungguhnya adalah berkah dan meninggalkannya adalah ruhani, dan para dukun tidak mampu mengalahkannya, kata Rasulullah SAW dari Abu Umamah al-Bahili.

    BACA JUGA : TADABUR AL-QUR'AN DAPAT MELENYAPKAN GANGGUAN JIN DAN SIHIR

    Membaca Doa Menghindari Sihir

    Umat Islam dianjurkan untuk banyak membaca doa penangkal sihir, ilmu gaib, dan hal-hal mistik lainnya.

    Doa untuk menghindari sihir

    لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

    Artinya:

    Tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan Allah segala kekuasaan dan bagi-Nya segala puji. Dia maha kuasa atas segala sesuatu. Bacalah doa ini 100 kali setiap hari. Obat penawar sakti ini bisa dibaca kapan saja, terutama setelah bangun tidur, setelah sholat fardhu dan sunnah, dan sebelum tidur.

    BACA JUGA : CARA MENGEMBALIKAN SIHIR KEPADA PEMILIKNYA

    Surah Pendek Al-Qur'an yang Bisa Menjadi Penangkal Sihir

    Sihir adalah kejahatan yang dilakukan baik oleh manusia maupun jin atau dilakukan secara gotong royong antara keduanya. Perlindungan terbaik dari sihir yaitu dengan cara berlindung kepada Allah SWT. Cara lain untuk meminta perlindungan kepada Tuhan dari sihir adalah dengan menerapkan dengan membaca ayat-ayat yang ada di Al-Qur'an.

    Khalid bin Abdurrahman bin Ali al-Jarisy dalam kitabnya Ar-Ruqyah as-Syar’iyyah Kamilah Min Alquran wa as-Sunnah Wal-Jamaah memaparkan sejumlah surat pendek yang dapat dijadikan sebagai penawar sihir, yaitu sebagai berikut:

    1. Surat Al-Fatihah

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ#الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ#الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ#مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ#اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ#صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

    “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemilik Hari Pembalasan. Kami mohon pertolongan. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat, bukan (jalan) orang-orang yang marah, dan bukan (jalan) orang-orang yang sesat.”

    2. Surah Al-Ikhlas 3 kali

    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ#اللَّهُ الصَّمَدُ#لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ#وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ 

    "Katakanlah (Muhammad), "Dia adalah Allah, Yang Mahakuasa. Allah adalah tempat untuk meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak beranak. Dan tidak ada yang setara dengan-Nya.”

    3. Surah Al-Falaq tiga kali

    قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ.مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ.وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ.وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ.وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

    "Aku berlindung kepada Allah yang menguasai fajar dari setiap kejahatan yang Dia ciptakan, dari kejahatan malam dalam gelap, dan dari kejahatan penyihir yang bertiup. Simpul-simpul (tali) dan dari kejahatan orang-orang yang dengki ketika dia dengki.”

    4. Surah An-Naas tiga kali

    قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ.مَلِكِ النَّاسِ.إِلَٰهِ النَّاسِ.مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ.الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ.مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

    “Aku berlindung kepada Tuhan umat, penguasa umat, ibadah umat, dari rahasia kejahatan (bisikan) setan yang berbisik di dada jin (kelompok) orang.”

    5. Surah An-Nisa’ ayat pertama

    يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

    Artinya :

    Wahai orang-orang! Takutlah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (dirinya); dan dari mereka Allah melahirkan banyak laki-laki dan perempuan. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, dan (memelihara) kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjagamu dan mengawasimu.

    6. Surah Al-Maaidah ayat pertama

    يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ

    Artinya :

    Wahai orang-orang yang beriman! Penuhi janji. Hewan ternak halal bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang ihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum menurut apa yang dikehendaki-Nya.

    7. Surah Al-An’am ayat pertama

    اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ ەۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ

    Artinya :

    Segala puji bagi Allah yang menciptakan langit dan bumi, serta pencipta gelap dan terang. Tetapi orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu.

    Doa Untuk Menghilangkan Santet dari Tubuh

    Doa Untuk Menghilangkan Santet dari Tubuh

    Berikut ini adalah kumpulan doa lengkap sepanjang masa untuk keselamatan dan mencegah serta menghilangkan santet berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

    أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

    Artinya: Saya berlindung dengan ayat ayat Allah yang sempurna dari setiap godaan setan, binatang beracun dan juga dari pengaruh setan yang jahat.

    Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, barang siapa singgah di suatu tempat dan mengucapkan doa keselamatan, maka tidak ada yang membahayakannya sampai ia meninggalkan tempat itu. Doa merupakan senjata ampuh untuk menangkal dan menghilangkan pengaruh ilmu gaib atau ilmu hitam jenis lainnya. Ada lagi doa yang bertujuan memohon keselamatan kepada Allah SWT.

    بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

    Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang tidak merugikan sesuatu pun dengan menyebut nama Allah di bumi dan di langit. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    Selain dua doa tersebut, umat Islam juga dapat menambahkan Ayat Kursi untuk dibaca:

    اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

    Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Hidup kekal dan terus-menerus memelihara (makhluk-Nya); tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang bisa memberi syafaat kepada Allah tanpa izin-Nya? Allah pasti mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan juga apa ada yang di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa tentang ilmu Allah kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak mempersulit pemeliharaannya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar (QS. Al Baqoroh: 255).

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon