Ruqyah untuk Ketenangan Hati dan Jiwa - Apakah Anda sedih, gelisah dan memiliki banyak kekhawatiran? Atau sedang menghadapi berbagai masalah saat ini? Coba baca ayat-ayat Al-Qur'an yang menenangkan berikut ini. Al-Qur'an diturunkan kepada Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat dari Allah SWT. Al-Qur'an merupakan salah satu bukti yang tak terbantahkan atas kebenaran Muhammad sebagai Rasul Allah, serta kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Dijanjikan Allah SWT akan menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang rajin membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isinya. Ada beberapa dari ratusan surat dan ribuan ayat di dalam Al Qur'an yang bisa Anda baca sebagai doa Ruqyah untuk Ketenangan Hati.

Saat hati resah dan sedih, surat dan ayat ini bisa menjadi penyembuh. Ada beberapa surat al – quran yang dapat Anda baca sebagai doa untuk menenangkan hati dan menyembuhkan fisik yang sedang tidak tenang. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Ayat Kursi atau Al-Baqarah Ayat 255

Membaca Ayat Kursi atau Al-Baqarah Ayat 255 yang dipercaya memiliki kedudukan penting dalam penyembuhan jika dibacakan bagi yang sakit. Allah akan melindungi orang-orang yang membacanya dari segala keburukan, keburukan, dan penyakit. Ayat ini juga sangat dianjurkan untuk dibaca di pagi dan sore hari.

Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Bacalah dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah. Rasulullah bersabda, barang siapa membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah di malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai bala, penyakit, kekhawatiran, dan kecemasan.

Surah Taha ayat 2

Doa pertama untuk menenangkan hati yang bisa dibaca terdapat dalam Al-Qur'an Surah Taha ayat 2. Doa untuk menguatkan hati ini juga diucapkan oleh Nabi Musa.

Arab: قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

Artinya: Dia (Musa) berkata, 'Ya Tuhanku, luaskan dadaku, mudahkan urusanku, dan hilangkan kekakuan dari lidahku, agar mereka memahami kata-kataku.

Surah Ali Imran ayat 173

Doa lain untuk ketenangan pikiran ditemukan dalam Al-Qur'an, Surah Ali Imran ayat 173, yang berbunyi:

Arab: حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Latin: Hasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Artinya: Cukuplah Allah (sebagai penolong) bagi kami dan Dialah sebaik-baik pelindung.

Surat Al-Baqarah ayat 250

Doa terakhir untuk menenangkan hati terdapat dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 250 yang berbunyi:

Arab: وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artinya: Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan pasukannya, mereka berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami kesabaran, kuatkan langkah kami dan bantu kami menghadapi orang-orang kafir.'

BACA JUGA : RUQYAH UNTUK PENDERITA DEPRESI

Surat Al-Fatihah

Ini adalah surat pembuka Al-Qur'an. Surah yang memiliki banyak keutamaan atau fadilah ini disebut juga dengan Ummul Quran. Dengan izin Allah, ini akan menjadi surat yang menenangkan hati yang dapat mengobati kecemasan. Rasulullah (saw) berkata: "Aku bersumpah demi Allah, yang jiwaku di tangan-Nya, bahwa Allah tidak menurunkan satu huruf pun yang setara dengan Surah Fatihah dalam Taurat, Injil dan Mazmur, bahkan dalam Al-Qur'an.” (HR Bukhari dan Muslim)

Surat ini selalu dibaca di setiap rakaat shalat. Jika Anda melakukan shalat wajib 5 kali sehari, maka setidaknya seseorang telah membaca surah ini sebanyak 17 kali. Selain itu Anda dapat membaca sebanyak 7 kali dengan sungguh-sungguh sebagai doa untuk menenangkan hati.

Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

Rasulullah (saw) mengatakan bahwa dia tidak bisa melindungi seorang mukmin selain tiga surat ini. Surah Al-Falaq dan An-Naas, yang dapat melindungi seorang mukmin. Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca kedua surah ini, Allah akan melindungi dan membentenginya dari berbagai macam penyakit jahat.

Surat Al-Ikhlas juga memiliki kedudukan yang istimewa, karena ketika membaca surat ini dapat disandingkan dengan membaca sepertiga dari Al-Qur'an. Surah ini mengandung makna yang mendalam tentang sifat-sifat Keesaan Allah SWT yang tidak terdapat pada ayat-ayat lainnya. Oleh karena itu, surat ini dikatakan sangat penting untuk penyembuhan segala penyakit.

Surat Yasin

Keutamaan membaca Surah Yasin akan membuat hati dan pikiran lebih tentram. Oleh karena itu, surat ini termasuk dalam surat ketenangan pikiran yang bisa dibaca ketika ingin mencari ketenangan batin. Setelah membaca Surah Yasin dianjurkan untuk membaca doa dengan harapan perasaan gelisah dan cemas dapat segera hilang, karena waktu terbaik untuk membaca doa adalah setelah membaca Alquran.

Surah Al-Insyirah

Allah SWT memberikan keyakinan kepada Nabi Muhammad bahwa kemudahan akan selalu menyertai kesulitan. Hal ini bahkan disebutkan dalam salah satu surat penenang dalam Alquran, yaitu Al-Insyirah. Surah yang terdiri dari 8 ayat, dari Allah SWT sampai Hz. Diturunkan kepada Muhammad SAW sebagai penghiburan. Saat itu, ia menghadapi tentangan sengit dari rakyatnya. Dengan diturunkannya surat ini, Allah (swt) membuka hatinya, yang telah menyempit karena tekanan yang kuat.

إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا

“Sesungguhnya setelah kesulitan juga pasti ada kemudahan.” (Surat al-Insyirah: 6)

BACA JUGA : PERBEDAAN ANTARA GANGGUAN JIN DAN DEPRESI

Surat Yusuf

Pada bab ke-12 ini dijelaskan bagaimana Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS mengalami kesakitan dan penderitaan di dunia, dan bagaimana Allah SWT membesarkan mereka berdua karena kesabarannya. Misalnya ketika Nabi Yaqub yang sangat sedih, menangis sampai buta karena kehilangan bayinya, atau difitnah karena menghina wanita. Sesungguhnya Allah s.a.w. tidak pernah meninggalkan hambanya dan selalu memberikan ketenangan.

Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menenangkan Hati

Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menenangkan Hati

Selain membaca surat dan ayat Ruqyah untuk Ketenangan Jiwa, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati saat menghadapi masalah. Sebagai contoh:

Sabar

Dalam menghadapi masalah, cobalah untuk tetap sabar dalam menghadapinya. Sebab, meski masalah tampak berat dan hati gelisah dan resah, Allah SWT selalu menjanjikan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi hamba-Nya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Melaksanakan Sholat Tahajud

Melaksanakan sholat tahajud akan menguatkan jiwa dan menenangkan hati dalam menghadapi berbagai ujian dan masalah. Dalam sebuah hadits, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: “Shalat manakah yang paling baik setelah shalat fardhu?” Nabi menjawab: "Shalat Tahajud." (HR Muslim)

Hadits tersebut mengungkapkan salah satu keutamaan shalat tahajud. Sholat yang dilakukan di tengah malam saat kebanyakan orang sudah tidur akan menambah kekhidmatan melakukannya. Sehingga ketenangan akan diperoleh saat melaksanakan shalat tahajud.

Perbanyak Istigfar dan Dzikir

Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran. Selalu mengingat Allah dengan dzikir akan membawa ketenangan dan ketentraman hati. Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ

 “Artinya, orang-orang yang beriman menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingat Ingatlah bahwa hati hanya bisa tenang dengan mengingat Tuhan.” (Surat Ar-Ra'd: 28)