Yuk Ketahui Beberapa Jenis Malware Dan Cara Mengatasinya
Virus Malware | Foto : Ruqyah Cirebon

Ruqyah Cirebon - Pengguna perangkat komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan ancaman virus atau malware terhadap perangkat dan jaringannya. Malware atau perangkat lunak merupakan suatu program atau file yang dapat membahayakan komputer atau penggunanya. Disini Anda bisa mengenali jenis-jenis malware dan juga beberapa cara mengatasinya.

Jenis malware yang sering kita dengar yaitu virus komputer, ransomware, worm, Trojan horse, dan spyware. Program jahat ini dapat mencuri, mengenkripsi atau menghapus data sensitif, memodifikasi atau membajak fungsi komputasi utama dan memantau aktivitas komputer korbannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Jenis Malware berbahaya. 

Jenis Malware Yang Berbahaya

Berikut ini beberapa jenis malware yang berbahaya sehingga dapat mengganggu dan menyerang pengguna:

Virus Komputer

Yang paling umum dan diketahui semua orang adalah virus yang merupakan jenis malware yang bila dijalankan mampu mereplikasi dirinya sendiri dengan memodifikasi program komputer lain dan memasukkan kodenya sendiri. Bila replikasi ini berhasil, maka daerah yang terkena dampak dikatakan terinfeksi.

Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac adalah target sebagian besar virus yang sering menggunakan strategi anti-deteksi yang rumit untuk menghindari perangkat lunak antivirus. Virus-virus ini diciptakan untuk menghasilkan keuntungan dengan mengirimkan pesan, hiburan pribadi, mengungkap kerentanan yang ada, sabotase dan penolakan layanan, atau sekadar mengeksplorasi masalah keamanan siber, kehidupan buatan, dan algoritma evolusi.

Serangan virus komputer dapat menyebabkan kerugian ekonomi dengan menyebabkan kegagalan sistem, pemborosan sumber daya, perusakan data, peningkatan biaya pemeliharaan, pencatatan penekanan tombol, dan pencurian informasi pribadi seperti pencurian data kartu kredit.

Trojan Horse

Trojan Horse merupakan salah satu malware yang dapat menyesatkan pengguna dengan berpura-pura menjadi program yang sah. Cara kerja Trojan umumnya disebarkan melalui rekayasa sosial seperti phishing. Seringkali pengguna tertipu untuk mengeksekusi lampiran email yang disamarkan agar tampak asli dan setelah file dibuka, Trojan akan segera diinstal.

Meskipun malware Trojan itu sendiri dapat menyerupai apa saja, namun sebagian besar ditugaskan sebagai memberi penyerang akses tidak sah ke komputer yang terinfeksi. Umumnya, Trojan mencoba memberikan kode berbahaya ke file lain atau menyebarkan dirinya sendiri agar berhasil memberikan akses palsu. 

Rootkit

Rootkit merupakan suatu kumpulan malware yang dirancang untuk memberikan akses tidak sah ke komputer atau area perangkat lunak lainnya. Instalasi rootkit dapat dilakukan secara otomatis karena hal ini dapat membantu penyerang untuk memudahkan segala tindakannya. 

Akses dapat diperoleh melalui serangan langsung terhadap sistem, seperti mengeksploitasi kerentanan, meretas kata sandi, atau phishing. Deteksi rootkit seringkali sulit karena dapat menumbangkan program antivirus yang bertujuan untuk menemukannya. 

Metode deteksi mencakup penggunaan sistem operasi tepercaya, metode perilaku, pemindaian tanda tangan, pemindaian ketidaksesuaian, dan analisis pengurasan memori. Penghapusan rootkit juga tidak kalah rumit atau hampir mustahil, terutama jika rootkit berada di dalam kernel. Rootkit firmware memerlukan penggantian perangkat keras atau peralatan khusus sebagai pengumpulan data-data penting.

Ransomware

Ransomware adalah suatu bentuk malware, yang dirancang untuk menolak akses ke sistem komputer atau data sampai uang tebusan dibayarkan. Malware jenis ini akan menyebar melalui email phishing, malvertising, dan mengunjungi situs web yang terinfeksi.

Serangan Ransomware dapat menyebabkan downtime, kebocoran data, pencurian kekayaan intelektual, dan pelanggaran data. Dari sini, pengirim akan mengirimkan uang tebusan yang biasanya harus dibayar dalam mata uang kripto untuk menghindari pelacakan.

Adware

Adware adalah jenis greyware yang dirancang untuk menempatkan iklan di layar Anda, sering kali ditemukan di browser web atau popup. Biasanya malware jenis ini digunakan untuk mengelabui pengguna agar menginstalnya di komputer, tablet, atau ponsel cerdas mereka.

Adware adalah salah satu bentuk malware yang paling menguntungkan dan paling tidak berbahaya, dan semakin populer di perangkat seluler. Adware ini ternyata mampu menghasilkan pendapatan dengan menampilkan iklan secara otomatis kepada para pengguna software.

Spyware

Berikutnya yaitu Spyware yang mampu mengumpulkan informasi tentang seseorang atau perusahaan, terkadang tanpa sepengetahuan mereka, dan mengirimkan informasi tersebut kepada penyerang tanpa persetujuan korban. Spyware biasanya bertujuan untuk melacak dan menjual data penggunaan internet Anda, mengambil informasi kartu kredit atau rekening bank Anda, atau mencuri informasi identitas pribadi. 

Beberapa jenis spyware dapat menginstal perangkat lunak tambahan sehingga dapat mengubah pengaturan pada perangkat Anda. Namun, spyware biasanya mudah dihapus karena tidak berbahaya atau ganas seperti jenis malware lainnya.

Cara Mengatasi Malware

Secara umum, Anda dapat menggunakan anti-virus untuk memindai seluruh perangkat Anda. Dari sini, jika anti virus menemukan file atau objek yang mencurigakan, biasanya software ini akan menyarankan Anda untuk mengambil tindakan. Tindakan yang biasa dilakukan adalah menghapus file yang dianggap berbahaya dan membersihkan perangkat.

Selain menggunakan anti virus yang tidak bisa terlalu diandalkan, Anda juga bisa mencoba lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat dan jaringan komputer. Hindari dan blokir email yang mengirimkan tautan mencurigakan. Jangan membalas email aneh dan memutar link yang mereka kirimkan ke orang lain. Kami sarankan untuk tidak mengunjungi situs web yang terlihat tidak valid.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ketahui Beberapa Jenis Malware Dan Cara Mengatasinya seperti yang dilansir alexistogel livedraw hongkong. Semoga bermanfaat.